Cara Mengatasi Tembok RetakBeberapa Cara Mengatasi Tembok Retak

Arsitek Indo Kontraktor – Rumah yang terbuat dari semen dan batu bata pasti sering terjadi keretakan. Meskipun awalnya tembok yang retak hanya sedikit namun lama- lama bisa memajang.

Retaknya tembok bisa karena dipaku, tembok sudah lama, bencana alam, atau karena penyebab lainnya. Nah kali ini kita akan membahas beberapa cara mengatasi tembok retak

Beberapa langkah untuk mengatasi tembok retak

1. Bersihkan dulu permukaan cat

Sebelum memulai proses mengatasi tembok retak, kamu harus membersihkan dinding agar kamu bisa memulai langkah berikutnya tanpa harus terganggu. Gunakan lap kain basah dan usap permukaan tembok, pastikan paku dan jamur yang menghalangi proses perbaikan tembok sudah diangkat. Bersihkan tembok sampai bersih.

2. Poles dinding dengan amplas

Setelah membersihkan permukaan cat, gunakan amplas kasar hingga acian tembok terlihat. Kemudian, bersihkan lagi dengan lap basah agar debu terangkat dan tembok menjadi lembab.

3. Gunakan wall filler di tembok retak

Kalau kedua langkah tadi sudah dilakukan, kini saatnya kamu memperbaiki tembok. Gunakan semen khusus bernama wall filler dan oleskan di atas tembok retak, dan tunggu sampai material wall filler ini mengering sebelum melakukan langkah berikutnya.

4. Oleskan cat plamir

Untuk mengatasi tembok retak sampai tuntas, oleslah dinding dengan cat plamir. Berbeda dengan cat tembok biasa, cat plamir fungsinya bukan untuk mewarnai dinding, tapi untuk meratakan dinding dan menjadi dasar tembok sebelum diwarnai lagi dengan cat. Tahap ini penting untuk memastikan lapisan penutup tembok kuat dan tidak akan retak lagi.

5. Finishing touch

Tahap paling terakhir untuk mengatasi tembok retak adalah mengamplas dinding agar permukaannya menjadi lebih halus. Kemudian jangan lupa untuk lapisi lagi dengan cat agar dinding kembali terlihat mulus dan sempurna. Setelah membaca tips mengatasi tembok retak, semoga tembok retak di rumah kamu bisa tertutup dan kembali terlihat rapi. Selamat mencoba! Semoga Bermanfaat :))

 

WhatsApp chat