Berkreasi Menghijaukan Dapur Dengan Sayuran

Siapa ni yang suka masak sayurdan akhirnya sisa-sisa pangkal sayur jangan dibuang. Daripada membusuk di tempat sampah dan menimbulkan sampah, sisa tersebut sebenarnya bisa ditumbuhkan kembali dan memperindah dapur Anda. Hasilnya, dapur makin menawan. Bahkan, sejumlah tanaman dapur memiliki daun dengan aroma yang menyegarkan. Jadi, jangan sia-siakan mereka ke tempat sampah. Caranya?

Pilih jenis tanaman

Pilih saja yang mudah ditanam, seperti daun bawang, seledri, cabai, bayam, jahe, aneka sawi, serai, dan wortel. Kriteria tanaman yang bisa ditanam kembali adalah yang memiliki akar atau jenis umbi. Jenis ini lebih mudah ditanam daripada jenis lainnya. Untuk jenis sayur , sisakan bagian pangkalnya yang berakar. Sayur yang tidak berakar akan lebih sulit ditanam kembali. Untuk cabai, cukup tanam bagian bijinya.

Pilih wadah

Karena tujuan utamanya adalah untuk menghias dapur, jadiw adah yang dipilih pun harus eye-catching. Apa saja yang ada di dapur bisa digunakan, mulai dari kaleng bekas susu, toples snack, mangkok porselen, kaleng biskuit, cangkir warna-warni, teko the, botol bekas, cetakan kue, dan benda lainnya.

Penanaman

Cara menanamnya cukup mudah. Bisa didiamkan dulu di wadah berisi air sampai tumbuh tunas atau akarnya jadi lebih panjang, lalu baru pindahkan ke dalam wadah yang sudah diisi dengan tanah subur. Bisa juga langsung ditanam dalam wadah tersebut. Meletakkan sayur di air lebih dulu akan membuat kita tahu tanaman mana yang tumbuh dengan baik dan mana yang mati. Tanaman yang berhasil ditumbuhkan itulah yang dipindah, sementara yang gagal dibuang.

Perlu diperhatikan

Fungsi dasarnya hanya untuk hiasan. Ketika sudah tumbuh makin besar, sebaiknya tanaman tersebut dipindahkan ke tempat yang lebih besar. Tanaman seperti sayuran tidak bisa tumbuh lama dalam wadah yang kecil. Bahkan ketika ditanam di ladang pun, biasanya hanya akan tumbuh 3 bulan, lalu dipanen dan mati, diganti dengan tanaman baru. Jadi, jika akan menerapkan teknik ini, Anda perlu ‘memanennya’ secara berkala, lalu ganti dengan tumbuhan baru lainnya. Namun, untuk jenis tanaman akar seperti jahe dan kunyit, bisa tumbuh lebih lama, selama wadahnya masih cukup.

Penataan

Agar terlihat manis, letakkan beberapa jenis tumbuhan dalam 1 wadah, atau kombinasikan berbagai jenis tumbuhan untuk diletakkan berjajar. Taruh di dekat jendela atau wastafel dapur, sehingga Anda tidak akan lupa untuk menyiraminya. Jangan menaruhnya di dekat kompor, karena akan membuatnya mudah layu.

Menanam tumbuhan sayur dan bumbu sendiri selain bisa menciptakan keindahan, juga akan menjadi bahan logistik cadangan di rumah. Anda berminat mencobanya?

WhatsApp chat