Mengenal Compact House, Desain Rumah Modern Minimalis di Lahan Sempit

Arsitek indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor –  Compact house adalah rumah mungil terpadu yang dibangun tersebut lahan terbatas. Jadi, rumah ini memprioritaskan tiap ruangannya untuk memenuhi kebutuhan para penghuni. Akhir-akhir ini semakin banyak rumah mungil yang mengusung konsep compact, apalagi di daerah perkotaan. Rumah compact seakan menjadi solusi untuk menjawab masalah lahan yang semakin terbatas pada masyarakat urban. Rumah berukuran besar tentu semakin sulit untuk mewujudkan. Dari artikel ini kita bisa mengenal compact house. desain rumah modern minimalis  lahan sempit. Yuk simak penjelasnnya.

 

1.    Mengenal apa itu compact housecompact house

Compact house adalah konsep rumah terpadu yang terbangun di atas lahan sempit. Rumah compact juga dikenal dengan konsep rumah tumbuh. Tidak ada batasan jelas pada fase pembangunan pertama dan berikutnya. Misalnya, awalnya rumah desain untuk dua orang saja, tapi ketika pasangan memiliki anak nantinya, mereka bisa dengan mudah menambah jumlah kamar. Desain rumah lahan sempit ini akan menyesuaikan dengan kebutuhan penghuninya.

Tidak banyak atribut, sehingga rumah terasa luas dan bersih. Secara tidak langsung, rumah compact mengarahkan penghuninya untuk menjalani gaya hidup minimalis. Ruang yang tersisa pada rumah compact hanyalah ruangan yang esensial saja. Ruang yang bersih inilah yang akan mengarahkan penghuninya untuk hanya menyimpan hal-hal yang terperlukan, dan menghilangkan ketidakpuasan karena menyimpan hal-hal yang tidak perlu.

2.    Prinsip compact house dan contoh desain compact house Indonesia

–   Identik dengan warna monokrom

interior rumah minimalis type 36 - rumah123.com

Jika dilihat dari gambar-gambar tersebut, rumah compact identik dengan warna monokrom, seperti warna putih, hitam, abu-abu, dan coklat.

BACA JUGA  Tips Ruang Jemur

–    Terbuka dan minim sekat

compact house

Untuk menciptakan kesan luas dan lapang, rumah compact meminimalisasi kehadiran sekat. Alih-alih memisahkan ruangan dengan sekat, satu ruangan bisa dibuat multifungsi. Biasanya, arsitek akan menyatukan ruang keluarga dengan ruang makan dan dapur sekaligus.

–   Menggunakan desain lantai mezzanine

compact house

Apabila rumah dengan satu lantai masih kurang fungsional, penghuni bisa menambah lantai dengan konsep mezzanine. Konsep mezzanine tergunakan untuk mereka yang mau menambah ruang, tanpa perlu menambah jumlah bangunan.

–  Rumah yang ramah lingkungan

compact house

WhatsApp chat