Suara gemericik air merupakan suara yang dapat memberi ketenangan. Ditambah dengan adanya aliran air yang dapat memberi kesejukan tersendiri. Water wall menjadi jawaban bagi Anda yang ingin menghadirkan suasana air di dalam rumah tetapi tidak memiliki lahan yang luas. Perhatikan hal-hal berikut jika Anda ingin menghadirkannya di rumah Anda.

Tema

Sebelum membuat water wall, pikirkan dahulu tema water wall yang ingin dibuat. Perencanaan tema membuat pemilihan bahan pelengkap lainnya. Selain itu, tema dapat dipikirkan agar tidak bertabrakan dengan konsep rumah secara keseluruhan.

Lokasi

Water wall umumnya diletakkan pada ruangan terbuka seperti taman pada rumah. Pemilihan lokasi hendaknya pada posisi menghadap ke dalam rumah, agar dapat dinikmati penghni rumah dari dalam. Tetapi, dengan perencanaan yang tepat, water wall dapat dimasukkan dalam rumah. Hanya saja dapat diperhatikan salurannya agar tidak meimbulkan kebocoran yang dapat merepotkan.

Efek Air

Beberapa cara keluarnya air yang dapat menjadi pilihan adalah dengan cara air mengalir, air terjun, atau air mancur. Untuk air mengalir, berarti tidak dibutuhkan penampungan air. Jika air terjun, berarti perlu ada penampungan air dan dikeluarkan dalam debit banyak.Untuk efek air mancur, ada penampungan air dan dikeluarkan melalui lubang kecil dari bawah untuk menciptakan efek air mancur.

Fondasi

Perlu dibuat fondasi untuk penguat dari bangunan water wall. Fondasi yang disarankan berukuran lebar sekitar 40 cm, dengan kedalaman sekitar 40 cm juga.

BACA JUGA  Tips Membuat Taman Di Dalam Rumah
WhatsApp chat