Hal yang Harus Diketahui Sebelum Mengecat Ruangan

Banyak yang mengira kalo mengecat itu adalah hal yang mudah dilakukan. Mengeccat ruangan tidak harus sembarangan dan tidak semudah yang dipikirkan. Ada beberapa hal yang harus diketahui untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Mulai dari persiapan hingga memilih cat. Kami akan memberikan informasi hal yang harus diketahui sebelum mengecat ruangan.

1. Persiapkan ruangan Anda

Tidak bisa dipungkiri melakukan persiapan selalu mempermudah pekerjaan. Salah satu persiapan yang bisa dilakukan adalah mengeluarkan semua barang dari dalam ruangan atau menjauhkanny dari dinding. Anda juga harus melapisi lantai agar tidak terkena cat. Persiapan lain adalah memperbaiki lubang bekas paku di dinding.

2. Coba dahulu warna cat Anda

Anda tentu tidak akan tahu bagaimana warna dinding setelah dicat jika Anda tidak mencobanya. Beli sampel, coba aplikasikan, dan lihat bagaimana warna tersebut di pagi dan malam hari. Bisa saja warna yang Anda sukai ternyata hasilnya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan.

3. Biarkan warna masuk ke hidup Anda

Banyak orang tidak berani bermain dengan warna untuk ruangannya. Banyak orang cenderung memilih warna netral seperti putih, beige, dan gradasinya. Menggunakan warna yang beragam akan menghasilkan suasana yang berbeda. Jadi, jangan takut bereksperimen.

4. Doff atau glossy

Banyak orang melakukan kesalahan dalam memilih jenis tampilan cat. Baik doff ataupun glossy, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Dibandingkan dengan cat doff, cat glossy akan lebih mudah dibersihkan. Akan tetapi, cat glossy akan semakin menonjolkan ketidaksempurnaan dinding.

5. Gunakan cat primer

Cat tidak akan diaplikasikan hanya dengan satu lapis saja. Ada cat primer yang harus digunakan pada lapisan pertama. Fungsinya untuk melapisi dinding dan memberi tempat untuk cat Anda menyerap. Akan tetapi, bukan berarti menggunakan cat primer Anda tidak perlu membersihkan dinding.

6. Tentukan berapa banyak cat yang Anda butuhkan

Hal yang paling menyebalkan saat mengecat dinding adalah cat habis saat belum selesai mengecat. Oleh karena itu, perhitungkan berapa banyak cat yang Anda butuhkan. Jangan sampai pekerjaan tertunda karena cat habis.

7. Keluarkan uang dengan tepat

Tidak hanya untuk membeli cat yang berkualitas, Anda juga harus mempertimbangkan membeli peralatan yang bagus. Mulai dari kuas, roller, bahkan sampai wadah cat. Anda juga harus mempertimbangkan untuk membeli tangga dan roller extender.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat