Setelah beraktivitas seharian diluar rumah, anda sering merasa jenuh. Anda menginginkan nuansa rumah yang hijau dan natural serta dapat dinikmati sepulang beraktivitas. Untuk itu, salah satu alternatif yang patut dicoba adalah membuat kolam ikan di rumah.

Ya, siapa yang menyangka bahwa salah satu komponen eksterior tersebut dapat menjadi pelepas stress yang ampuh bagi Anda. Berikut ini beberapa inspirasi yang dapat Anda aplikasikan di rumah, serta sedikit tips untuk merawat kolam ikan.

Hampir sama dengan kolam renang, kolam ikan juga dapat Anda modifikasi dan hias agar terlihat lebih menarik. Anda dapat menambahkan lampu sorot di sekitar kolam ikan untuk membuat kolam tampak elegan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan ‘dermaga’ kecil di sekitar kolam ikan yang memungkinkan Anda duduk di atasnya sambil memberi makan ikan yang ada.

Selain lampu sorot dan dermaga, sebaiknya Anda juga menanami lahan di sekitar kolam dengan tanaman hias sehingga kolam ikan terlihat lebih asri. Tetapi jangan gabungkan tanaman hias ke dalam kolam, karena dapat mengganggu pertukaran udara antara ikan dan akar tanaman hias. Anda pun dapat mengeksplorasi lebih banyak model kolam hias, misalnya dengan membuat kolam berbentuk persegi panjang dengan dinding berwarna putih, atau dinding batu alam.

Perlu diingat bahwa dengan memiliki kolam ikan, Anda juga harus memperhatikan biaya perawatannya. Tiap bulan, Anda harus membersihkan filter kolam –jika menggunakan filter. Karena jika tidak, kolam ikan akan cepat kotor dan ganggang akan dengan mudah menempel di dinding kolam ataupun kaca. Jika takut kolam ikan akan menjadi sarang nyamuk, Anda juga dapat menggunakan bubuk Abate untuk membunuh jentik nyamuk. Meskipun perawatannya tidak sebesar kolam renang, tetap saja kolam ikan perlu diperhatikan kebersihannya jika tidak ingin ikan-ikan kesayangan Anda terinfeksi penyakit.

Jika ingin bersantai dengan suasana natural di rumah, Anda dapat membuat kolam ikan yang cantik di taman belakang atau halaman depan rumah. Tetapi jika lahan di halaman rumah tak mencukupi, Anda bisa menempatkan kolam ikan di atap rumah atau rooftop. Tak hanya kolam ikan, beberapa perumahan mewah seperti Du Vire Royale Residence di Jakarta Selatan pun menawarkan konsep customize rooftop yang bisa Anda isi dengan kolam renang, kebun mini atau patio.

WhatsApp chat