Jenis Kaca Pada Rumah

Jenis Kaca Pada Rumah – Kaca merupakan material rumah yang sejak dari dulu sudah pasti ada dan selalu digunakan dalam pembuatan sebuah bangunan. Kaca pada umumnya hanya digunakan sebagai jendela atau elemen tambahan saja, namun sekarang ini semakin berkembangnya jaman membuat kaca dipergunakan secara luas. Kaca juga bisa digunakan sebagai pintu, dinding, furniture, dan lain sebagainya.

 

 

 

1. Kaca bening

Kaca bening sering disebut juga dengan kaca polos, karena tidak berwarna, rata, dan bebas distorsi. Karenanya, kaca ini bisa menghasilkan bayangan sempurna sampai lebih dari 90%. Kaca jenis ini tidak dianjurkan untuk eksterior bangunan bertingkat karena rendahnya kemampuan menahan panas dan sinar matahari. Ketebalan kaca bening terdiri atas 5 mm, 6 mm, dan 8 mm. Ketebalan ini dipilih sesuai dengan ukuran yang akan dibuat. Semakin besar ukurannya, maka sebaiknya menggunakan kaca yang tebal.

2. Kaca berwarna (tinted glass)

Kaca ini sering disebut dengan kaca rayban. Untuk memberikan warna, kaca polos dilapisi dengan lembaran warna yang terbuat dari campuran logam. Kaca rayban mampu menahan panas dan sinar matahari sampai 55%, sehingga mengurangi beban pendingin ruangan dan menjaga privasi penghuninya. Untuk menambah tingkat kegelapannya, kaca rayban bisa dilapisi sampai beberapa kali. Kaca rayban tidak hanya berwarna hitam, tetapi juga warna biru gelap, biru kehijauan, abu-abu gelap, tembaga, dan hijau gelap.

3. Kaca es

BACA JUGA  Hal yang Perlu Di Pertimbangkan Ketika Membeli Ruko
WhatsApp chat