Jika Ingin Membeli Wallpaper Harus Benar Berikut Caranya

Wallpaper adalah satu cara untuk melapisi dan memberi warna pada dinding rumah. Wallpaper memungkinkan kita memiliki banyak warna sekaligus motif di dinding, tanpa perlu melukis atau mengecatnya sendiri. Wallpaper juga mempermudah kita dalam mendekorasi rumah. Misalnya untuk tampilan rumah bergaya klasik yang mewah, cukup memilih wallpaper motif klasik Victoria dengan warna favorit Anda. Ingin rumah terlihat manis dan chic, pilih motif-motif segar yang lucu-lucu. Tapi, memilih wallpaper tidak bisa sembarangan. Setidaknya ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan.

tips memilih wallpaper

Tips memilih wallpaper

Memilih wallpaper sesuai gaya interior

Untuk rumah bergaya klasik, pilih motif bunga-bunga kecil atau motif klasik. Untuk rumah minimalis modern, pilih motif geometris yang sederhana. Meski demikian, untuk gaya eklektis yang memadukan beberapa gaya interior sekaligus, Anda bisa menabrakkan motif untuk rumah klasik ke rumah bergaya minimalis modern atau rumah industrial modern. Ini akan menambah estetika seni suatu ruangan.

tips memilih wallpapermemilih wallpaper

Memilih wallpaper berdasarkan ukuran motif

Motif halus seperti serat kain cocok untuk rumah berukuran kecil, karena motif ini akan membuat ruangan terasa lebih lebar. Tapi, ini hanya selama Anda memilih warna wallpaper yang terang. Kalau memilih warna yang gelap, maka akan membuat ruangan Anda terasa lebih sempit.

tips memilih motif wallpaper

Begitu juga jika Anda memilih motif berukuran besar, misalnya bunga yang berukuran sekitar 30 cm, maka ruangan akan terasa lebih sempit. Motif lebar ini cocok untuk ruangan yang luas seperti aula atau lobi hotel. Meski membuat ruangan terasa sempit, motif lebar menjadi daya tarik spesial dalam rungan dan cocok untuk dipasang sebagai aksen yang menambahkan kesan intim.

memilih wallpaper

Memilih wallpaper dengan pola geometris

Wallpaper berpola geometris memiliki efek tersendiri bagi ruangan. Wallpaper berpola kotak-kotak atau jaring dengan ukuran besar akan menciptakan efek menarik dan unik. Sementara motif kotak-kotak atau jaring yang kecil-kecil akan membuat ruangan terasa lebih tenang. Motif garis-garis vertikal yang tegas dengan garis yang tebal dan terlihat jelas, menciptakan efek ruangan terlihat lebih tinggi. Sedangkan motif wallpaper garis-garis horizontal memberikan efek ruangan terasa lebih lebar. Anda tidak disarankan memilih motif diagonal atau memasang wallpaper dengan sisi miring, karena motif garis diagonal akan membuat ruangan terasa seperti bergerak. Efeknya, penghuni rumah bisa cepat pusing saat melihatnya.

tips memilih wallpaper garis-garis
tips memilih wallpaper dinding

Memilih wallpaper bertekstur

Wallpaper bertekstur memiliki karakter yang kuat dan memberikan efek bayangan cahaya. Wallpaper ini juga memberikan kesan lebih mewah dan alami, cocok untuk rumah yang ingin terlihat mewah dan elegan.

tips memilih wallpaper

Memilih wallpaper metalik

Wallpaper warna metalik merupakan salah satu solusi untuk menambah kilau dalam ruangan. Saat lampu dinyalakan atau terkena cahaya, wallpaper ini akan memantulkannya dan memainkan cahaya tersebut, membuat ruangan lebih terang. Tampilan interior Anda jadi lebih dramatis dan seksi.

tips memilih wallpaper
WhatsApp chat