Kesalahan Dalam Mendekorasi Rumah Minimalis, Yang Perlu Kamu Tau!

5 Kesalahan dalam Mendekorasi Rumah dan Cara MemperbaikinyaJos Kontraktor JogjaSaat mendekorasi rumah, tak bisa dihindari terjadi beberapa kesalahan. Misalnya warna yang terlalu gelap, furnitur hingga tema dekorasi yang melenceng dari konsep awal. Alih-alih ingin memberikan dekorasi yang terbaik malah membuat ruangan semakin sempit dan sesak. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dijauhi saat mendekorasi ruangan dengan luasan terbatas ini. Yuk simak kesalahan dalm mendekorasi rumah minimalis, yang perlu kamu tau berikut ini!

 

 

 

1. Menyimpan banyak barang merupakan kesalahan dalam dekorasi rumah minimalis

Menyimpan Banyak Barang Dekorasi Rumah Minimalis

Rumah minimalis dikatakan demikian bukan tanpa alasan. Ciri khas dari rumah minimalis adalah sederhana dan tidak menggunakan banyak barang. Apa jadinya jika ruang minimalismu diisi banyak barang dengan alasan tidak ada tempat untuk menyimpan barang tersebut? Tentu akan merusak dekorasi rumah minimalis. Apalagi jika kamu meletakkan barang tersebut sembarangan.

Cobalah untuk menyortir barang-barang yang disimpan tersebut, mana yang masih bisa dipakai dan mana yang sudah tidak bisa dipakai lagi. Barang-barang yang masih bisa dipakai sebaiknya dimasukkan ke dalam sebuah kotak penyimpanan agar tidak terlihat berantakan dan mengotori rumah. Sedangkan barang yang sudah tidak bisa dipakai, sebaiknya dibuang atau dijual.

2. Tidak memperhatikan pencahayaan

Dekorasi Rumah Minimalis Tidak Memperhatikan Pencahayaan

Interior rumah minimalis biasanya diterapkan pada ruangan kecil hingga sedang. Elemen pencahayaan lampu atau pencahayaan alami akan memberi pengaruh yang besar terhadap ruangan tersebut, beberapa di antaranya adalah menciptakan ilusi ruang yang lebih lega dan memberikan kenyamanan bagi penghuninya.

Tanpa pencahayaan yang baik, dekorasi rumah minimalis akan sia-sia. Ruangan akan terlihat sumpek dan suram. Manfaatkan sinar matahari untuk penerangan di siang hari. Bila memungkinkan, buatlah jendela minimalis berukuran besar agar sinar matahari ini bisa menyinari seluruh sudut ruangan. Pada malam hari gunakan pencahayaan dari lampu, baik yang sifatnya direct maupun indirect.

3. Tidak memisahkan area

Dekorasi-Rumah Minimalis Area Tidak Ada Pemisah

Umumnya rumah minimalis memiliki lahan yang terbatas sehingga penghuninya terpaksa menyatukan beberapa ruang sekaligus dalam satu area. Misalnya saja dapur dan ruang makan, atau ruang keluarga dan ruang makan minimalis yang berada di dalam satu area. Hal tersebut sah-sah saja, namun yang sering terjadi dalam dekorasi rumah minimalis adalah ketika penghuni tidak memisahkan area tersebut dengan area lainnya.

BACA JUGA  Kontraktor Bangun Siap Huni

Agar dekorasi rumah minimalis terlihat lebih rapi, pisahkanlah area-area tersebut menggunakan dinding pembatas atau partisi ruangan kreatif yang sifatnya semi permanen seperti lemari pakaian atau tirai.

4. Tidak menggunakan furnitur berdasarkan ukuran dan fungsi

Dekorasi Rumah Minimalis Furnitur Tidak Sesuai Ukuran

Pemilihan furnitur minimalis harus didasari dengan pertimbangan ukuran dan fungsi. Kamu menemukan sofa yang sangat nyaman digunakan namun ukurannya terlalu besar untuk ruang tamumu? Buang jauh-jauh keinginan untuk membelinya. Membeli furnitur untuk rumah juga harus dipertimbangkan baik-baik.

Begitu juga untuk pertimbangan fungsi. Jika bisa menggunakan ottoman sebagai tempat penyimpanan, sandaran kaki, meja kopi, side table, sekaligus tempat duduk, kenapa harus membelinya secara terpisah dan memenuhi seisi ruangan?

5. Menjauhkan semua furnitur dari dinding

Dekorasi Rumah Minimalis Mejauhkan Furnitur dari Dinding

WhatsApp chat