Kesalahan Menata Kamar Tidur Kecil Membuat Menjadi Tidak Nyaman

Setiap orang memiliki keinginan mempunyai kamar yang luas agar nyaman saat tidur. Tapi banyak orang yang tidak beruntung dan mendapatkan kamar yang berukuran kecil. Kamar tidur yang nyaman itu tidak harus selalu memiliki space yang besar. Memang kamar yang besar bisa menaruh semua barang. Namun bukan berati kamar kecil tidak bisa membuat nyaman.

Jika memugar atau merenovasi ruangan kamar anda menjadi lebih besar, tedengar tidak mungkin. Solusi lainnya yang bisa anda coba adalah dengan menata ulang kamar anda. Kebanyakan orang, tidak perduli seberapa besar kamar tidurnya terkadang masih salah dalam menata kamar tidurnya. Sehingga alih-alih kamar menjadi lebih nyaman, karena penataan yang salah, kamar yang seharusnya terasa nyaman menjadi sempit, sumpek dan membosankan.
Namun ternyata, selain menata barang yang salah, ternyata ada beberapa kesalahan lain yang membuat kamar tidur sempit menjadi tidak nyaman. Berikut ini daftar kesalahan dalam menata kamar tidur sempit!
1. Pembelian Perabot


Hal pertama yang sebaiknya anda perhatikan adalah pembelian perabotan. Hindari membeli satu set perabotan bagi kamar tidur anda. Satu set tempat tidur, nighstand, lemari, kaca, dan sofa di ruang tidur akan membentuk keseragaman. Hal ini bukannya menjaga konsistensi di kamar tidur, justru membosankan. Jadi daripada membeli perabotan set, atau sekaligus ada baiknya anda meluangkan waktu untuk melihat-lihat dan mencari perabot atau furniture yang anda sukai. Karena kamar tidur adalah ruang dimana kita akan menghabiskan banyak waktu, ada baiknya kita mengisinya dengan perabotan yang kita sukai. 
 
2. Terlalu Banyak Memajang Bantal


Kesalahan kedua adalah terlalu banyak membeli dan memajang bantal di kamar tidur. Ini merupakan kesalahan terbesar. Terlalu banyak pekerjaan untuk dilakukan dua kali sehari (memindahkan dan memajang kembali bantal), dan tampak berantakan.
 
3. Kurangnya Pencahayaan


Kesalahan ketiga adalah kurangnya pencahayaan. Kamar tidur memang tempat untuk beristirahat. Namun, anda juga seharusnya bisa membaca buku sebelum tidur, atau setelah bangun pagi di akhir minggu. Setidaknya, sediakan dua sumber cahaya di kamar tidur. Meletakkannya di kanan-kiri tempat tidur juga bukan ide yang buruk. Tambahkan pula lampu-lampu untuk kepentingan estetika. Jangan lupa, jika sudah berkeluarga, Anda bisa berinvestasi pada lampu baca. Tujuannya, jika pasangan sudah tidur, Anda masih bisa membaca dengan nyaman.
4. Sembarangan Membeli Kasur


Kesalahan keempat adalah sembarang membeli kasur. Kasur memang mahal. Namun, coba hitung berapa kali anda membeli kasur sepanjang usia. Kasur berkualitas premium mungkin dibanderol dengan harga jutaan Rupiah. Namun, jika anda hanya membeli kasur setiap 30 tahun sekali, mengapa harus mengorbankan kenyamanan dan kesehatan anda dengan membeli kasur berkualitas rendah? Ingatlah bahwa kasur adalah sebuah investasi. Tidak hanya bagi kesehatan anda, namun juga tampilan kamar tidur.
 
5. Menempatkan Warna Yang Mencolok

Kesalahan kelima adalah bereksperimen dengan warna-warna mencolok. Tanyakan pada diri anda sendiri. Mungkinkah anda beristirahat dengan nyaman jika dinding menggunakan warna-warna neon? Warna mencolok mungkin mampu tampil cantik dalam jumlah terbatas. Namun, ketika warna-warna tersebut menguasai kamar tidur, hasilnya belum tentu sebaik konsepnya.
 
6. Memajang Karya Seni Berukuran Janggal


Kesalahan keenam adalah memajang karya seni dengan ukuran yang janggal di atas tempat tidur. Hindari menempatkan karya seni berukuran jauh lebih kecil dari tempat tidur. Ketidakseimbangan tersebut bisa merusak tampilan kamar tidur anda.
 
7. Terlalu Banyak Cahaya


Kesalahan ketujuh adalah terlalu banyak cahaya. Kekurangan maupun kelebihan akan mengganggu kegiatan anda di kamar tidur. Tidak ada salahnya berinvestasi pada dimmer agar anda bisa menyesuaikan lampu. Selain itu, pastikan juga sinar matahari tidak langsung “menusuk” mata setiap pagi. Manfaatkan teknologi sederhana, atau bahkan teknologi canggih untuk memastikan jendela memasukkan jumlah cahaya yang cukup agar tidak menyakitkan mata anda.
 
8. Memasukkan Semua Barang Elektronik

Kesalahan terakhir adalah memasukkan semua hiburan elektronik anda ke dalam kamar. Televisi, permainan (game), telepon genggam, tab, komputer, komputer jinjing, dan berbagai alat lainnya hanya akan menstimulasi otak anda. Padahal, kamar tidur adalah lokasi ideal untuk beristirahat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat