Sekarang banyak seklai arsitektur bangunan mengunakan rangka baja ringan dari pada ranka konvensional berbahan kayu. Rangka baja ringan terbuat dari baja ringan lapisan baja ringan bermutu tinggi dan berstandar high tensile strength.

Sebagai salah satu interior yang mempunyai fungsi menyangga atap bangunan, tentunya pemilihan mutu dan kualitas adalah hal yang paling utama, karena akan berhubungan dengan keselamatan penghuninya. Sekarang ini sudah banyak produsen yang menggunakan software khusus dalam proses instalasinya. Sehingga alangkah baiknya dalam proses instalasi dilakukan langsung oleh produsen yang sudah bersertifikasi untuk mengurangi resiko.

Rangka baja ringan ini sudah banyak digunakan di kalangan masyarakat, sektor perumahan pun juga telah menggunakan baja ringan ini sebagai pengganti kayu. Di pasaran sudah banyak tersedia bebagai macam baja ringan dengan kualitas dan harga yang bervariasi. Karena rangka baja ringan pada dasarnya mempunyai sifat yang mudah berkarat, maka dalam produksinya beberapa produsen memberi pelapis galvanis yang terbuat dari seng, atau zincalum yang merupakan pelapis yang berbahan dasar campuran seng, alminium dan silikon.

Untuk stadartnya, rangka atap baja ringan yang baik adalah dengan spesifikasi G550 (5500 kg/cm) atau yang mempunyai tegangan leleh 550 Mpa. Contoh rangka baja ringan yang cukup populer dikalangan kontraktor adalah rangka atap baja ringan yang bermerk BlueScope Lysaght.

Rangka Atap Kayu
Penggunaan rangka atap kayu untuk bangunan saat ini masih cukup banyak digunakan, terutama untuk rumah yang berada di daerah pedesaan atau daerah yang beriklim lembab. Selain karena jumlah kayu yang masih banyak dan mudah didapatkan, pemakaian kayu untuk rangka atap rumah juga dinilai lebih ekonomis dibandingkan dengan rangka baja ringan.

BACA JUGA  Ingin Teras Rumah Anda Cantik Dan Nyaman Berikut Caranya

Penggunaan rangka atap kayu juga lebih tahap api dibandingkan dengan rangka atap baja ringan, dimana bahan kayu hanya bisa terbakar dengan suhu panas diatas 250 derajat. Adapun kekurangan dari rangka atap kayu yaitu mempunyai bentuk yang kurang stabil, sehingga kayu akan lebih mudah melengkung. Selain itu kayu tanpa perlindungan dan penyimpanan yang baik dapat mudah busuk akibat perubahan cuaca, dan tentunya kayu lebih rawan dari serangan rayap.

WhatsApp chat