kontraktor jogjaKEUNTUNGAN RUMAH ADAT JOGLO

Kontraktor Jogja – Masyarakat suku Jawa mengenal berbagai macam desain hunian dalam kebudayaannya. Salah satu yang paling dikenal adalah desain rumah adat yang bernama Joglo. Desain dari rumah adat ini lebih dikenal dikarenakan selain lebih banyak dipakai juga dianggap mempunyai gaya arsitektur yang unik dan sarat akan nilai filosofis kemasyarakatan.

Manfaat Rumah Adat Joglo

Pada dasarnya Joglo berbentuk bujur sangkar dengan empat pokok tiang di tengah yang disebut saka guru dan menggunakan blandar bersusun yang disebut tumpangsari. Joglo memiliki ciri khas empat pilar utama sebagai penyangga utama rumah, dimana tiang utama ini mewakili arah angin.

Joglo mempunyai beberapa bagian ruangan yang disusun sesuai dengan fungsinya. Masing-masing ruang memiliki nama serta pakem posisi yang sejak zaman dahulu hingga sekarang tidak berubah.

Pendapa

Adalah bagian paling depan dari rumah Joglo yang memiliki ruangan luas tanpa sekat. Ruang ini sering dipakai sebagai tempat pertemuan untuk acara besar bagi penghuninya. Pendopo biasanya terdapat soko guru, soko pengerek dan tumpang sari.

Pringgitan
Tempat ini merupakan penghubung antara Pendopo dan rumah Dalem. Fungsi Pringgitan biasanya dijadikan sebagai ruang tamu. Bagian ini dengan Pendopo biasanya dibatasi Sekat dan dengan Dalem dibatasi gebyok.

Dalem
Ruangan ini sering digunakan sebagai ruang santai keluarga. Karena fungsinya bagi keluarga, maka Dalem bersifat privasi serta tidak semua tamu diperbolehkan memasukinya.

BACA JUGA  Cara Membuat Taman di Dalam Rumah
WhatsApp chat