Sering kali pemilik rumah membiarkan belakang rumah dibiarkan teronggok begitu saja atau diubah fungsi. Sebagian besar perumahan terdapat alokasi pada belakang rumah untuk membuat taman. Namun dengan berbagai alasan, area belakang tidak digunakan dengan baik padahal bisa menjadi tempat yang mendatangkan berbagai manfat bagi penghuninya.

Biasanya lahan tersebut kemudian dicor dan dijadikan kamar tambahan, dapur, atau tambahan ruangan lainnya. Hal ini mengakibatkan sirkulasi udara dalam rumah menjadi kurang baik.

Taman belakang kebanyakan kurang diperhatikan dan dibiarkan saja sehingga tumbuh tanaman liar atau ilalang. Pemandangan akan rusak karena taman yang terbengkalai.

Inilah beberapa manfaat utama yang dari kehadiran taman belakang misalnya:

Rumah lebih cantik dan sedap dipandang

Tanaman, bunga dan berbagai aksesoris taman akan membuat keseluruhan rumah menjadi lebih cantik.

Rumah menjadi lebih sehat

Pepohonan yang ditanam akan memberi suplai oksigen yang menyegarkan dan menyehatkan untuk penghuni rumah. Selain itu, tanaman yang ada akan mengurangi debu masuk ke dalam rumah sehingga rumah menjadi lebih bersih dan sehat.

Rumah lebih sejuk

Kehadiran taman belakang dapat menciptakan ruangan kosong dan membuat sirkulasi udara di dalam rumah lebih baik, hasilnya rumah menjadi lebih sejuk.

Dengan sirkulasi yang tepat, penghuni akan merasa nyaman tanpa perlu menyalakan AC.

Tempat untuk bersantai

Secara psikis, kehadiran taman akan dapat memberi kesegaran dan suasana santai. Bersantai di taman, memandangi taman yang indah, menghirup segarnya udara bisa membantu menghilangkan kepenatan.

BACA JUGA  Desain Garasi Samping Rumah 2
WhatsApp chat