Memilih Lemari Pakaian yang Baik dan Tahan Lama

Arsitek Indo Kontraktor – Lemari adalah tempat untuk menyimpan pakaian pakaian yang kalian punya. Terkadang, untuk menemukan lemari yang pas dan cocok untuk kamar kalian itu sulit, apalagi memilih lemari yang awet tahan lama serta pas dengan budget di kantong kalian. Nah, di artikel kali ini aku akan membahas tentang Tips Memilih Lemari Pakaian yang Baik dan Tahan Lama

Mengetahui berapa luas lahan yang tersedia di dalam kamarTips yang pertama yaitu ketahui seberapa luas ruang kosong yang ada di kamar. Jika kalian sudah mengetahui hal ini, tentu akan lebih mudah menentukan ukuran lemari pakaian. Jumlah pakaian yang dimiliki juga merupakan salah satu faktor untuk memilih lemari pakaian.

Apakah cukup jika semuanya dimasukkan ke dalam lemari pakaian? Jika tidak, maka salah satu tips memilih lemari pakaian adalah dengan menaruh barang seperlunya di kamar. Ingat, kamarmu bukan gudang untuk menaruh segala barang. Apabila jumlah baju terlalu banyak, kalian bisa seleksi baju yang sering dipakai untuk dimasukkan ke dalam lemari baju. Sisanya, bisa disimpan di keranjang atau kotak yang tertutup dan diletakkan di luar kamar.

Banyaknya penghuni kamar juga berpengaruh terhadap pemilihan lemari

Tips memilih lemari baju di kamar yang kecil ditentukan juga oleh jumlah orang yang tinggal di kamar. Tidak perlu membeli lemari baju dengan 3 (tiga) pintu jika kalian tinggal di kamar sendirian. Lain halnya jika kamar ditempati oleh 2 (dua) orang, maka kalian dapat memilih lemari baju dengan sekat atau pintu yang terpisah. Adanya sekat akan memudahkan kalian dalam mencari baju dan tidak tercampur dengan milik orang lain.

Jangan lupa untuk cek sekat penahan yang ada di dalam lemari, apakah terlalu tipis atau sudah cukup untuk digunakan sebagai pembatas. Kalau kualitas sekat lemari baju bagus, maka kalian tidak perlu keluar biaya lagi untuk memperbaiki sekat penahan yang lepas.

Memiliki banyak sekat atau ruang yang berbeda sesuai dengan fungsinya merupakan salah satu tips memilih lemari pakaian. Misalnya, pilih lemari baju yang terdapat ruang untuk menggantungkan kemeja atau jas. Setidaknya usahakan terdapat minimal 2 (dua) kabinet atau laci yang digunakan untuk menyimpan aksesoris pakaian agar tidak tercecer.

Pilih lemari pakaian dengan desain minimalis

Desain lemari minimalis sangat cocok diterapkan untuk hunian yang tidak memiliki ruang yang banyak. Dengan memiliki desain lemari pakaian minimalis yang bagus, kalian sekaligus bisa memperindah tampilan rumah. Desain lemari minimalis akan memberikan kesan kamar tampak lebih luas.

Lebih baik pilih lemari pakaian minimalis dengan tinggi yang dimaksimalkan dengan tinggi ruangan. Cara ini dapat menghemat ruang tanpa mengurangi kapasitas penyimpanan baju. Dengan desain lemari pakaian modern yang minimalis, maka kalian akan mendapatkan tampilan kamar yang elegan dan terkesan lebih lapang.

Pastikan lemari pakaian minimalis kalian terbuat dari bahan yang kuat

Tips memilih lemari baju di kamar yang kecil adalah lebih selektif dalam memilih bahan baku furnitur. Terdapat beberapa pilihan bahan dalam membuat lemari pakaian. Antara lain kayu, plastik, bahan partikel, bahkan lemari baju yang terbuat dari kain. Tiap bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Tips memilih lemari dari segi harga yaitu, lemari pakaian dengan bahan plastik tentu lebih murah. Perawatan lemari pakaian bahan plastik juga lebih mudah. Namun untuk segi keawetan, lemari dengan bahan plastik tidak dapat diandalkan. Secara tampilan, bahan plastik juga tidak elegan jika dipandang. Terlebih sebagai pelengkap perabot rumah minimalis, lemari pakaian dengan bahan plastik sepertinya kurang cocok karena tidak dapat berpadu dengan perabot lain serta komposisi ruangan.

Kayu yang awet biasanya adalah kayu solid, misalnya saja kayu jati. Kayu jati yang kualitasnya bagus berwarna coklat gelap secara natural. Keunggulan dari kayu jati adalah bahannya yang sangat kuat. Selain itu, kayu jati lebih awet dan tahan terhadap perubahan cuaca sehingga tidak mudah lapuk dan habis dimakan rayap. Akan tetapi kekurangannya adalah harganya cukup mahal. Kayu lain yang kuat dan biasa digunakan sebagai bahan baku furnitur antara lain kayu mahoni, sengon, akasia, merbau, bangkirai, ulin, dan beberapa jenis kayu lainnya.

Tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil tidak harus membeli lemari dari bahan kayu jati, lho. Alternatif untuk memiliki lemari baju minimalis modern adalah dengan menggunakan bahan yang terbuat dari plywood yang dapat dengan mudah ditemukan. Kayu plywood harganya yang tidak terlalu mahal serta mudah untuk dibentuk sehingga desainnya mayoritas lebih beragam. Furnitur yang terbuat dari plywood biasanya banyak terdapat di rumah minimalis masa kini.

Gunakan produk lemari yang sudah teruji kualitasnya. Terutama menggunakan produk yang memiliki kualifikasi bahan kayu yang sudah teruji melalui Indonesian Legal Wood. Sebisa mungkin kalian juga harus ikut menjaga kelestarian alam dengan menggunakan produk furnitur yang diproduksi dengan bahan baku kayu legal. Cirinya adalah dengan mengutamakan penggunaan furnitur dengan label Sitem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) dari program Indonesian Legal Wood. Dengan kata lain, produk yang jelas bahan bakunya, akan lebih terjamin kualitas barangnya.

Agar lemari pakaian kalian tahan lama, berikut tips untuk perawatan lemari pakaian

Tips perawatan lemari pakaian

Untuk Kamar yang sempit, jangan menaruh lemari pakaian pada pojok ruangan, ini justru akan membuat ruangan kalian terlihat lebih sempit. Jika sudah terlanjur, itu tidak jadi masalah karena kalian hanya perlu menarik lemari baju sekitar 5 hingga 10 cm dari dinding sehingga kamar kalian akan terasa lebih luas. Selain itu, lemari baju modern yang menempel dengan dinding akan membuat lemari lembab karena tidak ada celah udara. Hal inilah yang dapat menyebabkan tumbuhnya jamur dan berpengaruh pada keawetan lemari.

Jika kamar kalian terdapat kamar mandi, maka kamar akan terasa semakin sempit. Namun, kalian tetap bisa mempraktekkan tips memilih lemari pakaian di kamar yang kecil. Solusinya adalah jangan taruh furnitur atau segala perabotan pada dinding dekat dengan kamar mandi. Jika memang terlalu sempit, maka taruh furnitur dengan memberi jarak pada dinding yang dekat dengan kamar mandi.

Untuk menghindari pertumbuhan jamur atau serangga, kalian dapat menaruh beberapa kamper atau kapur barus di dalam lemari pakaian. Cek ketersediaannya apabila sudah habis, maka segera ganti dengan yang baru.

Agar kalian bisa mendapatkan suasana yang nyaman, taruh lemari baju minimalis dekat dengan tempat tidur. Tempat ini adalah rekomendasi terbaik dalam menata lemari di dalam kamar sempit. Selain lebih dekat, kalian juga akan lebih kreatif dalam membuat dekorasi tempat tidur yang lebih cantik. Usahakan untuk meletakkan lemari baju minimalis mengarah pada cahaya. Agar kalian mendapatkan pencahayaan yang baik ketika sedang memilih pakaian.

WhatsApp chat