Mencegah Jamur di Dinding

Mencegah Jamur di Dinding

Dinding lembab dan berjamur tak hanya bikin rumah tampak kotor tapi juga bisa mengganggu kesehatan. Paparan organisme tidak sehat bagi siapa saja di dalam bangunan. Bagi para pemilik rumah dalam kondisi cuaca lembab. Jamur disebarkan oleh spora yang melayang-layang di udara dan tumbuh baik di lingkungan lembap, hangat, dan tempat-tempat yang tidak memiliki ventilasi udara, sehingga tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Jika Anda membiarkannya dalam waktu yang cukup lama, dijamin dinding itu akan terkena lembap bahkan parahnya bisa berjamur dan berdampak negatif bagi penghuninya termasuk kesehatan pada tubuh. Selain tidak sehat untuk tubuh Anda, dinding lembap dan berjamur juga akan merusak tampilan ruangan.

Baca juga :

Mencegah Jamur di Dinding

Mencegah Jamur di Dinding

Menghilangkan Jamur di Dinding Rumah Yang Lembab

Sebelumnya siapkan beberapa bahan yang diperlukan seperti sarung tangan karet, pakiaan lengan panjang serta masker yang dapat menutupi hidung dan mulut, dan kacamata. Langkah pertama yang harus diperhatikan untuk menjaga keamanan tubuh, Gunakanlah sarung tangan yang terbuat dari karet, pakaian baju dan celana lengan panjang, alas kaki seperti sepatu karet, serta masker penutup mulut dan hidung, dan juga kacamata. langkah selanjutnya yaitu Buka aliran ventilasi seperti jendela agar mendapatkan sirkulasi udara yang keluar masuk dan bagus selama menghilangkan dan mencegah jamur di Dinding rumah yang lembab.

  1. Campurkan cairan larutan dari campuran karbol dan air bersih dengan takaran 1 bagian karbol dan 3 bagian air bersih secukupnya sesuai dengan media yang akan di bersihkan.
  2. Lapisi dan Semprotkan larutan yang telah dicampurkan tersebut pada area dinding atau lantai keramik yang berjamur di tembok anda jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan.
  3. Gosoklah bagian dinding yang terkena jamur menggunakan sikat lakukanlah hal tersebut berulang kali hingga jamur hilang.
  4. Bilas menggunakan air bersih secara secukupnya kemudian keringkan.
Mencegah Jamur di Dinding

Mencegah Jamur di Dinding

Langkah terakhir untuk membasmi jamur tembok di rumahmu adalah menyiramnya dengan air dan mengeringkannya kembali, baik itu menggunakan lap kering atau dengan bantuan kanebo. Bilas dan jangan lupa untuk membersihkan sikat atau kain yang digunakan untuk menggosok jamur dinding tersebut.

Baca juga :

Mencegah Jamur di Dinding

Mencegah Jamur di Dinding

Mencegah Jamur di Dinding Rumah Yang Lembab

Apakah anda ingin dinding rumah anda tetap bersih dan tidak ada jamur lagi. Setelah Anda membersihkan dinding berjamur Anda tidak ingin penyakit dinding ini muncul kembali.

Mencegah Jamur di Dinding

Mencegah Jamur di Dinding

Berikut adalah cara pencegahan agar jamur tidak kembali bersarang di dinding rumah anda:

  1. Belilah produk-produk khusus seperti pelapis dinding untuk menghambat pertumbuhan jamur dan lumut pada tembok. Semprotan antimikroba mencegah spora jamur hinggap pada dinding. Pertimbangkan mengganti cat dinding Anda dengan cat tembok anti air dan jamur yang memiliki keuntungan ganda. Pertama, bahan dasarnya yang anti air memungkinkannya dicuci atau dilap memakai kain basah. Kedua, karena air yang merembes ke dalam tembok sangat minimal, dinding pun selalu kering sehingga jamur sulit tumbuh.
  2. Gunakan alat dehumidifier atau penyerap kelembapan untuk mengurangi kelembapan udara di ruangan yang sangat rawan terhadap jamur dan lumut tembok. Alat ini bisa menjadi langkah pencegahan jangka panjang. Alat ini bisa didapatkan di supermarket atau swalayan terdekat.
  3. Perbaiki talang saluran air dari genteng dan pastikan lapisan talang tidak bocor, ganti atau perbaiki jika rusak dan bersihkan kotoran agar tidak menyumbat aliran air, termasuk pipa yang menyalurkan air dari talang ke tanah.
  4. Menjaga agar kamar mandi, dapur dan ruangan yang lembap memiliki sirkulasi udara yang lancar dan selalu kering.

Tindakan pencegahan sebelum terjadi adanya jamur di dinding rumah anda dan tindakan pencegahan paling baik utk mengatasi kelembaban dan tumbuhnya jamur disini adalah dengan tiap hari (1-2 kali) membuka jendela rumah lebar2 antara 5-10 menit. cara ini berguna utk mengeluarkan udara lembab dan panas dalam ruangan dan menggantinya dengan udara kering dan dingin dari luar.

Baca juga :

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK | BANGUN RUMAH adalah satu-satunya solusi bagi anda yang mempunyai rencana membangun sebuah rumah, ruko, kost-kostan, toko, guest house, kantor, renovasi bangun dll. Konsultasi Gratis Siap datang ke tempat Anda KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp/SMS/WA : 081558263270

WhatsApp chat