Mengenal Berbagai Komponen dalam Pembuatan Atap Rumah

JOS KONTRAKTOR JOGJA – Bangunan rumah tidak terkecuali bagian atap rumah. Terdapat beberapa komponen yang harus melengkapinya. Termasuk termasuk rangka atap yang terdiri dari reng, kuda-kuda, usuk, dan lain-lain. Komponen-komponen ini wajib ada untuk membentuk rangka yang kuat dan kokoh. Namun tidak hanya itu saja, masih ada lagi komponen yang lain yang umum terpakai pada Pembuatan Atap Rumah. Mari kita lihat bersama ulasan singkat berikut ini.

Rangka atap baja ringan | Lazada Indonesia

1. Kuda-Kuda

Komponen ini merupakan penopang rangka atap yang terbuat dari balok kayu berbentuk segitiga. Konstruksi yang berfungsi sebagai penyangga rangka atap ini letaknya pada bagian bawah rangka. Bagian paling atas dari kuda-kuda yang disangkutkan pada balok kemudian kedua kakinya menempel dengan kolom struktur agar semua beban atap tersalurkan pada tanah. Selain sebagai bagian penting pada konstruksi atap, kuda-kuda juga dapat memperindah rumahmu. Sebagai contoh, kuda-kuda yang diekspos dan terbuat dari bahan alami, seperti kayu, akan terlihat indah jika berada pada ruangan bernuansa etnik tradisional.

2. Gording

Balok kayu yang terletap pada atas kuda-kuda. Konstruksi bangunan ini berfungsi sebagai penyangga atau dudukan kasau juga sebagai penghubung antara kuda-kuda. Keberadaan gording sangat perlu untuk kuda-kuda yang tingginya melebihi 2 meter.

3. Usuk atau Kasau

Kasau adalah balok kayu yang letaknya melintang pada bagian atas gording. Kasau berfungsi untuk membuat teritisan atau atap lebih dan ukurannya dapat menyesuaikan keinginanmu. Umumnya kasau berbentuk balok panjang yang disimpan pada balok dinding hingga ke luar bagian dinding.

4. Rangka Reng

Pada bagian atas kasau terdapat sebuah kayu yang melintang, kayu tersebut dinamakan sebagai reng. Reng berfungi untuk mengaitkan dan menahan penutup atap, seperti genting metal pasir atau penutup lainnya. Dengan adanya reng, genting dapat disusun lebih mudah, teratur, dan rapi. Reng juga berfungsi untuk mengatur jarak antar genting, semakin besar genting yang digunakan semakin sedikit pula reng yang dibutuhkan. Dengan kata lain, jika kamu memiliki anggaran yang terbatas kamu dapat mengurangi bahan reng pada atap sehingga anggaran konstruksi bangunan dapat ditekan.

BACA JUGA  Ide Desain Kolam Ikan Dirumah

5. Reng Balok

Balok dinding atau reng balok adalah balok yang diletakkan pada bagian puncak dinding. Reng balok berfungsi untuk menahan dan menjaga kuda-kuda tetap kokoh.

BACA JUGA :

Kenali 4 Jenis Genteng Cocok untuk Rumah Minimalis

Pecinta Warna Hijau! Wajib Intip Inspirasi Rumah Ini

6. Lisplank Tirisan

Kemudian lisplank tirisan yang merupakan papan tegak yang terpasang pada bagian bawah kasau. Konstruksi ini berfungsi sebagai pengikat ujung kasau agar susunannya tidak berubah. Umumnya batang-batang kasau hanya ditahan oleh paku saja, tetapi hal ini membuat kasau mudah bergeser. Untuk mengatasi hal ini, maka bisa membutan lisplank tirisan yang dapat mengunci kasau agar tetap berada pada tempatnya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi lisplank dan jangan biarkan lisplank terkena panas matahari atau air hujan.

BACA JUGA :

7 Keuntungan Menggunakan Jasa Kontraktor untuk Membangun Rumah

WhatsApp chat