copyright by Arsitek Indo Kontraktor

MENGENAL RUMAH MINIMALIS

Arsitek Indo Kontraktor – Bagaimana sih Rumah Minimalis itu ? Apalagi itu adalah gaya rumah yang sering dipakai rumah minimalis adalah adalah sebuah gaya arsitektur bangunan yang tengah menjadi tren di metropolitan. Karya arsitektur bangunan, termasuk rumah minimalis, merupakan pilihan-pilihan terhadap bentuk arsitektur sebagai akibat budaya. Bukan sekadar latah ikut-ikutan tren minimalis adalah pola berpikir, bekerja, dan suatu cara hidup. Sebuah cara pandang baru dalam melihat desain sebagai refleksi cara hidup masyarakat urban yang serba praktis, ringan, efisien, dan penuh kesederhanaan.

Kenali Rumah Minimalis

Dalam desain arsitektur rumah minimalis modern, desain digunakan untuk menyampaikan pesan kesederhanaan. Bentuk-bentuk dasar geometris, tidak adanya hiasan, penggunaan bahan-bahan yang sederhana dan pengulangan struktur merupakan ciri khas minimalis. Pencahayaan yang alami membuat bangunan terlihat sederhana dan bersih. Arsitek minimalis mempunyai motto “listen to figure”, dengan mencari esensi kesederhanaan dengan menemukan kembali kualitas berharga dalam bahan yang sederhana dan umum.

House Hafner (Sumber: www.homedsgn.com)

House Hafner (Sumber: www.homedsgn.com)

Ciri utama dari arsitektur minimalis modern sederhana antara lain, bentuk denah yang kotak, bentuk bangunan kubus, deret jendela yang terbentang dengan horizon kotak-kotak, semua sudut façade 90 derajat, dan menggunakan material fabrikasi seperti baja, kaca, dan beton.

Ide mengenai kesederhanaan sebenarnya muncul di berbagai budaya, terutama di Jepang dengan budaya Zen. Orang Jepang memanipulasi budaya Zen ke dalam estetika dan desain bangunan mereka. Ide mengenai arsitektur Jepang ini mempengaruhi budaya Barat terutama Amerika sejak pertengahan abad ke-18, dan juga menginspirasi munculnya arsitektur minimalis di abad ke-19.

***

Konsep kesederhanaan Zen ini banyak berbicara mengenai ide kebebasan dan esensi hidup. Kesederhanaan tidak hanya dilihat dari nilai estetisnya saja, tetapi juga dari persepsi moral objek dan bahan. Seperti taman pasir di kuil Ryoanji di atas yang menunjukkan konsep kesederhanaan dengan pengaturan beberapa batu dan ruang kosong yang besar.

BACA JUGA  Letak Yang Cocok Untuk Akuarium Dirumah

(Sumber: dionnedesigns.blogspot.co.id)

WhatsApp chat