Menghidupkan Rumah Dengan Sentuhan Warna Merah

Menghidupkan Rumah Dengan Sentuhan Warna Merah

Ternyata Secara psikologis, keberadaan warna di sekitar kita ternyata mampu memengaruhi mood. Hal yang sama juga berlaku untuk rumah. Perpaduan warna cat tembok dan kusen dalam rumah bisa menciptakan efek yang berbeda-beda, tergantung warna yang Anda pilih.

Interior warna merah termasuk salah satu pilihan yang paling populer, terutama bagi orang-orang yang menginginkan suasana penuh energi di dalam rumah.  Merah mampu meningkatkan tingkat energi ruangan. Warna ini juga merupakan warna yang paling kuat, memompa adrenalin tidak seperti rona lainnya. Warna cat rumah sederhana Anda pun bisa tampak lebih hidup dengan memberikan sentuhan warna merah.

Merah telah terbukti mampu meningkatkan tekanan darah dan mempercepat respirasi dan detak jantung. Biasanya dianggap terlalu merangsang untuk kamar tidur, tapi jika Anda biasanya berada di ruangan hanya setelah gelap, Anda akan sering melihatnya dengan lampu sorot, saat warnanya akan tampak tidak beraturan, kaya dan elegan. Lantas ruangan apa saja yang sebaiknya cocok diberi sentuhan warna merah?

Ruang Makan

Warna merah dianggap terlalu terang untuk kamar tidur. Menambahkan warna merah untuk ruang makan dapat membuat warna cat sederhana menjadi lebih ceria. Warna merah diyakini paling cocok untuk ruangan yang dipakai berkumpul bersama karena bisa memancing percakapan.

Warna merah dianggap terlalu terang untuk kamar tidur. Menambahkan warna merah untuk ruang makan dapat membuat warna cat sederhana menjadi lebih ceria. Warna merah diyakini paling cocok untuk ruangan yang dipakai berkumpul bersama karena bisa memancing percakapan.

Meski tidak menggunakannya sebagai warna cat atau warna utama, menampilkan warna merah sebagai salah satu komponen furnitur ruangan juga sama efektifnya. Hal inilah yang dilakukan oleh desainer Aa Residence.

Rumah di kawasan Cimanggis ini secara keseluruhan banyak memakai warna natural yang kalem. Namun ide brilian meletakkan sebuah lemari es warna merah terang di sudut ruang makannya membuat kesan suram langsung hilang dari sana.

Ruang Makan Warna Merah dengan Sentuhan Klasik

Pemilihan warna merah untuk ruang makan juga memberikan kesan mewah. Apalagi jika dipadukan dengan berbagai perabotan klasik seperti ruangan di bawah ini.

Ruang Keluarga

Ruang Tamu dengan Nuansa Merah

Merah adalah warna yang beberapa orang anggap terlalu kuat untuk ruang keluarga mereka. Tapi itu bisa menjadi skema warna yang sangat kontemporer dan elegan dengan latar belakang berwarna putih atau terang. Desain ruang tamu ini memberi Anda beberapa gagasan tentang bagaimana menggunakan warna merah secara efektif.

Karena sangat cocok untuk tempat berkumpul dan mampu memancing terjadinya percakapan di antara orang-orang yang sedang berkumpul, ruang keluarga sangat cocok diberi sentuhan warna merah. Anda bisa mengecat dinding dengan warna merah, atau memberikan sentuhan-sentuhan merah saja. Bisa dari perabotan, atau dari warna kusen pintunya.

Rumah di bawah ini misalnya, memilih sofa warna merah untuk menghidupkan suasana.

S+I House Karya Dp+Hs Architects (Sumber: arsitag.com)
Selat House Karya Das Quadrat (Sumber: arsitag.com)

Pintu Masuk

Banyak orang menggunakan warna merah untuk pintu depan rumah. Ada juga yang hanya memberikan sentuhan saja di bagian rumah. Menurut kepercayaan China, warna merah adalah warna keberuntungan. Selain memberikan kesan cerah, warna merah di pintu masuk akan menciptakan kesan yang kuat dan lekat di ingatan.

Aa Residence

Aa Residence adalah salah satu rumah yang memberikan sentuhan warna merah meski sedikit, hampir di setiap sudut rumahnya. Selain kulkas merah di ruang makan, sang desainer juga memasang dua tiang warna merah di depan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat