Pengertian Kayu Merbabu, dan Plus Minusnya!

potongan kayu merbauJos Kontraktor JogjaPengertian Kayu Merbabu, dan Plus Minusnya! Kayu merbabu diperoleh dari pohon merbau yang banyak tumbuh di luar pulau Jawa. Daerah penghasil utama kayu ini adalah pulau Papua, Kalimantan, Maluku dan juga Sulawesi. Kayu merbau saat ini mulai banyak dikenal sejak kayu jati yang sejak dulu menjadi favorit untuk pembuatan furniture dan kusen, mulai langka. Kayu ini terkenal dengan kualitasnya yang tinggi. Sebagai kayu berkualitas tinggi, sifat dan karakteristik kayu merbau adalah berbeda dengan kayu yang lainnya. Untuk mengenal lebih dalam,simak terus uraian singkat tentang kayu ini.

 

 

Karakter Warna dan Tekstur Kayu Merbau

tumpukan potongan kayu merbau

Dari segi tekstur, kayu merbau memiliki karakter yang cenderung kasar dengan serat berbentuk melintang lurus. Namun, ada pula kayu merbau dengan tekstur yang tidak beraturan. Sementara itu, karakter warna dari kayu merbau adalah kuning kecoklatan, coklat kemerahan, hingga sedikit kehitaman. Pada umumnya, warna-warna dari kayu merbau ini tergolong mirip dengan kayu jati sehingga sering digunakan sebagai alternatif pengganti kayu jati.

Tingkat Kekerasan Kayu Merbau

dua potong kayu merbau di atas permukaan kayu

Kayu merbau mempunyai tingkat kekerasan yang tinggi. Tak hanya itu, banyak pula yang memanfaatkan kayu merbau sebagai material pembuatan furnitur, seperti meja, kursi, rak TV, hingga dekorasi ukiran dengan finishing mengkilap yang terkesan mahal.

Kayu Merbau Awet dan Tahan Lama

kayu merbau yang diaplikasikan pada lantai

BACA JUGA  Selain Cantik 5 Bunga Ini Bisa Bikin Ruangan Tambah Harum Loh
WhatsApp chat