kontraktor jogjaPENGERTIAN KAYU PARKET

Kontraktor Jogja – Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas mengenai beberapa kelebihan dan kekurangan lantai kayu. Nah masih membahas soal lantai kayu, lantai kayu ini pada umumnya menggunakan kayu parket. Lantas seperti apa dan bagaimana sih kayu parket tersebut? Untuk lebih jelasnya, simak pengertian kayu parket pada ulasan kami Kontraktor Jogja berikut ini.

Apa itu Lantai Kayu dan Lantai Parket?

Kontraktor Jogja telah marangkum lantai kayu dan lantai parket merupakan kumpulan kepingan kayu yang bisa berupa kayu original ataupun kepingan kayu yang sudah dipress sedemikian rupa yang diterapkan di atas lantai konkrit, bisa diterapkan di interior atau eksterior. Penutup lantai ini menjadi salah satu unsur dekoratif yang diterapkan di residential, villa, hotel, dan terkadang di perkantoran.

Walaupun terdengar sama, tapi lantai kayu dan parket mempunyai arti yang berbeda. Lantai parket merupakan kepingan kayu yang mempunyai profil di sisi-sisinya untuk saling terkunci satu sama lain saat diaplikasikan dan diperkuat lagi menggunakan paku tembak. Untuk parket terbagi menjadi 2, yaitu parket solid dan parket engineered. Sedangkan lantai kayu merupakan satuan kayu utuh yang dipasang satu sama lain menggunakan skrup.

Tipe Lantai Parket

Sebelum membahas lantai kayu dan lantai parket lebih lanjut, Anda harus tahu 2 tipe lantai parket berikut ini:

  1. Parket Solid 

Kami Kontraktor Jogja mengulas, parket solid adalah lantai parket yang menggunakan 100% kayu original dalam pengaplikasiannya. Kayu yang digunakan adalah kayu jati, merbau, bangkirai, ulin dan sonokeling. Parket solid sendiri mempunyai 2 jenis yaitu solid FJ dan solid FJL.

– Solid FJ adalah parket solid yang menggunakan satu kayu utuh per satu modul nya tanpa adanya sambungan kayu lain yang dipasang berjajar horizontal.

BACA JUGA  Jenis Kaca Pada Rumah

– Solid FJL adalah parket solid yang menggunakan beberapa kayu yang disambung menjadi satu per satu modul nya. Secara visual terlihat dari sekat di garis vertikalnya.

Perbandingan harga antara solid FJ dan solid FJL ini cukup signifikan mencapai perbandingan 1:2.

  1. Parket Engineered 

Adalah jenis parket yang mempunyai lapisan tipis (veneer) pada lapisan pertamanya, sedangkan di bawahnya ada lapisan multipleks atau plywood untuk perkuatannya. Kayu yang digunakan pada parket engineered ini di antaranya adalah jati, sonokeling, white-oak, dan whole nut.

Di bawah ini artikel kami Kontraktor Jogja terdapat perbandingan antara parket solid dan parket engineered.

  Parket solid Parket engineered
Keunggulan -Bisa di re-finishing berulang-ulang hingga 5x

-Lebih kokoh

-Lebih tahan lama karena merupakan kayu asli tanpa campuran lapisan lain

-Lebih stabil (tidak mudah kembang susut)

-Bisa dipasang di basement

-Harga lebih ekonomis

Kekurangan -Mudah kembang susut (muai)