Pintu Anda Bunyi dan Berisik?

Pintu rumah bunyi pasti akan mengganggu kenyamanan si penghuni rumah. Bagaimana cara Anda mengatasi masalah ini? Atau bahkan membiarkannya saja? Pintu bunyi seperti ini pertanda pintu Anda sedang bermasalah, maka dari itu sangat disarankan cepat – cepat diperbaiki. Berikut tipsnya.

Ada banyak faktor penyebab pintu mengeluarkan bunyi. Salah satu yang paling umum adalah karena engsel pintu yang sudah kering. Makanya, pintu yang berbunyi harus segera diperiksa dan diperbaiki, jika tidak ingin pintu itu rusak dalam waktu dekat.

Untuk menuntaskan masalah pintu yang bunyi karena engsel yang kering, coba lumasi engsel dan grendel pintu menggunakan pelumas atau oli bekas. Jika tidak memiliki oli bekas, cukup dengan berikan minyak goreng yang ada di dapur. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan suara berisik tersebut.

Setelah melumasi engsel, cek pula bagian baut-baut engsel pintu. Karena bunyi yang mengganggu tersebut bisa saja diakibatkan oleh kendurnya baut yang terdapat pada engsel pintu. Kencangkan apabila terdapat baut-baut yang kendur.

Apabila baut atau sekrup tidak dapat dikencangkan, kemungkinan besar sudah longgar. Jika kondisinya seperti ini, Anda harus mengganti dengan yang lebih besar, lalu dan pasang kembali.

Setelah masalah pintu berbunyi teratasi, jangan lupa lakukan pemeriksaan rutin terhadap engsel maupun bautnya. Lumasi kembali bila kering, dan kencangkan baut-baut yang kendur. Anda juga harus rajin-rajin membersihkan setiap ada debu yang menempel atau terkumpul di sana. Ini agar suara berisik tak terdengar lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat