Suhu Panas DiRumah? Berikut Cara Agar Rumahmu Sejuk Tanpa AC

Suhu panas membuat gerah dan tidak nyaman berada di dalam rumah. Hal ini menimbulkan ingin pergi dari rumah. Namun, tidak jarang di antara kita menggunakan AC atau pendingin udara di dalam sehingga terasa dingin dan tidak panas. Nah, ternyata AC bukanlah satu-satunya jalan untuk rumah menjadi dingin. Penggunaan AC yang berlebihan akan menimbulkan global warming dan tagihan listrik akan membengkak. Untuk menanggulangi hal tersebut, terdapat beberapa langkah atau rahasia agar rumah tetap nyaman dan sejuk tanpa menggunakan AC, apa saja itu? Ini dia rahasianya..

1. Membiarkan tirai jendela tetap tertutup.

Dengan Langkah ini Kamu Bisa Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

Suhu di luar rumah akan terasa sekali panas ketika tirai jendela terbuka, udara panas dari luar rumah akan masuk dengan cepat. Maka dari itu, usahakan jendela selalu tertutup ketika udara panas di luar menyegat. Terkecuali, jika sore hari sudah tidak panas maka jendela boleh dibuka untuk mengganti sistem udara di dalam rumah.

2. Menjaga posisi pintu agar tetap tertutup saat udara di luar panas.

Dengan Langkah ini Kamu Bisa Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

Hampir sama dengan tirai jendela, apabila pintu rumah di siang hari maka panas terik tersebut akan masuk ke dalam rumah sehingga udara di rumah tidak sejuk dan sangat panas. Oleh sebab itu, kita harus mengusahakan agar pintu rumah tetap tertutup rapat. Hal ini juga membantu agar debu atau kotoran dari dalam rumah tidak masuk dan tidak mengganggu sirkulasi udara.

3. Membuat AC manual dengan cara ampuh.

Dengan Langkah ini Kamu Bisa Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC

Untuk menghemat listrik oleh karena penggunaan AC, kita dapat membuat AC buatan atau AC tradisional. AC ini dapat dibuat dengan peralatan baskom, es dan kipas angin. Caranya ambil baskom berukuran sedang lalu isi dengan es batu dengan jumlah yang agak banyak. Setelah itu, letakkan baskom yang berisi es tersebut di depan kipas angin. Sehingga, dari cara tersebut dapat menghasilkan udara sejuk dan dingin.

BACA JUGA  Cara Mengatasi Bau Tak Sedap Dengan Bahan Alam

4. Menata bed cover tempat tidur agar tetap nyaman.

WhatsApp chat