copyright by Arsitek Indo Kontraktor

TIPS DESAIN RUMAH UNTUK ANDA

Arsitek Indo Kontraktor – Desain rumah merupakan hal yang penting dipersiapkan sebelum membangun rumah. Mengapa? Karena agar dalam proses pembangunannya lancar, bisa juga agar rumah Anda terncana lebih matang. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan memberikan tips mengenai desain rumah. Langsung saja simak artikel berikut ini :

Tips Desain Rumah Mewah

1. Hindari menyimpan barang yang tak diperlukan

desain rumah minimalis
(Image: pinterest)

Ingat, salah satu prinsip dari rumah idaman minimalis adalah barang-barang yang ada di dalam rumah dipilih secara fungsional. Artinya, pisahkan atau buang barang yang tak berguna atau sudah lebih dari tiga bulan tak kamu gunakan.

Di sisi lain, pastikan perabotan yang ada memang memiliki fungsi yang kamu perlukan. Lebih bagus lagi jika bersifat multifungsi. Misalnya, tempat tidur yang juga memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan.

2. Minimalisasi penggunaan sekat antar ruang

Saat mendesain rumah idaman minimalis, ingatlah untuk tidak membuat pembatas ruangan secara berlebihan.

Penggunaan sekat atau pembatas dapat membuat ruangan menjadi lebih sempit. Alih-alih menggunakan sekat, pakai perabotan sebagai pembatas di antara dua ruangan.

Contohnya, kamu bisa menggunakan lemari atau meja sebagai pemisah ruangan seperti pada gambar di bawah ini.

desain rumah minimalis
(Image: pinterest)

3. Gunakan cermin sebagai dekorasi

desain rumah minimalis
(Image: Savemoreanimals)

Cermin bersifat memantulkan bayangan sehingga mampu menciptakan ilusi yang dapat membuat rumah seolah lebih besar dari yang sebenarnya. Untuk itu, pilihlah cermin yang besar sebagai dekorasi dinding.

Selain dinding, kamu juga bisa memilih lemari dengan pintu yang dilapisi cermin untuk menimbulkan dampak yang serupa.

4. Tambahkan unsur alam untuk memberi kesan hangat

desain rumah minimalis
(Image: Livingroomideas)

Untuk memberi kesan hangat, kamu bisa memilih beberapa furnitur dengan motif atau bahan dasar kayu atau batu alam. Buat suasana rumah menjadi semakin cantik dan asri dengan menambahkan beberapa tanaman hias yang menempel di dinding.

BACA JUGA  Jasa Arsitek Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul- Yogyakarta

Pilih tanaman yang mampu beradaptasi pada kondisi di dalam ruangan dan tidak memerlukan banyak perawatan khusus seperti pohon cinta, kuping gajah, atau lidah buaya. Beberapa pohon ini bisa tahan tak terkena sinar matahari selama satu hingga tiga minggu sehingga kamu cukup mengeluarkannya sesekali dalam satu bulan.

Akan lebih baik jika tanaman yang dipilih juga mampu membersihkan udara seperti tanaman lidah buaya.

5. Pastikan penerangan dan sirkulasi maksimal

desain rumah minimalis
(Image: thechalkboardmag)

Biasanya, rumah minimalis dibangun pada lahan yang sempit dan terhimpit rumah lain. Oleh sebab itu, pastikan penerangan dan sirkulasi udara sudah cukup baik agar rumah tak menjadi kusam dan pengap.

WhatsApp chat