Tips Melindungi Eksterior Rumah Saat Musim Hujan

Pastikan 5 Bagian Rumah Ini Aman Saat Musim Hujan DatangJos Kontraktor Jogja Musim hujan yang mulai melanda di beberapa wilayah Indonesia, segala hal sudah harus dipersiapkan untuk melindungi rumah, khususnya bagian luar rumah atau eksterior. Tanpa tindakan yang tepat, air hujan dapat menyebabkan berbagai kerusakan cukup besar pada eksterior rumah seperti fondasi rumah yang menjadi lemah, dinding yang retak, serta bahaya lainnya. Berikut Tips melindungi eksterior rumah saat musim hujan, mari simak penjelasanya.

1. Mengecat dinding

Ada 4 Jenis Cat untuk Eksterior dan Dinding Luar, Jangan Salah Pilih! -  Semua Halaman - iDEA

Tips pertama, yakni mengecat ulang bagian rumah yang sering terkena hujan secara langsung seperti dinding atau pagar. Mama perlu memilih cat pelapis tahan air dengan kualitas terbaik untuk melindungi dinding dari keretakan.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua cat tahan air bisa digunakan untuk seluruh eksterior rumah. Selain itu, perlu juga menyesuaikan cat tahan air dengan tekstur permukaan eksterior rumah agar perlindungan semakin maksimal.

2. Rutin mengecek ruang bawah tanah dan saluran air

5 Tips Melindungi Eksterior Rumah saat Musim Hujan | Popmama.com

Mama perlu mengecek secara berkala ruang bawah tanah di rumah karena area tersebut menjadi area yang terkena imbas air hujan secara langsung. Pengecekan perlu dilakukan guna menghindari bau tidak sedap maupun memperbaiki area yang rusak akibat hujan.

Selain itu, Mama sebaiknya membersihkan pipa saluran pembuangan air secara rutin. Tumpukan sampah di bagian pipa saluran air bisa menghambat aliran air, bahkan dapat menyebabkan kerusakan pada fondasi rumah.

WhatsApp chat