Pasalnya, atap rumah yang rusak akan membuat air mengalir menuju dinding dan langit-langit. Jika dibiarkan terus-menerus, jamur dan lumut bisa tumbuh di dinding dan eksterior rumah lainnya. Hal itu justru melemahkan struktur kayu dan fondasi rumah secara tidak langsung.

4. Membungkus kabel dengan lapisan tahan air

Untuk mencegah korsleting listrik, Mama perlu membungkus kabel dengan lapisan tahan air. Sebelum melakukannya, pastikan seluruh aliran listrik di rumah telah dimatikan.

Selain itu, pastikan juga tidak ada kabel listrik yang terkelupas atau terlilit. Sebab, hal itu juga bisa menyebabkan korsleting pada peralatan elektronik dan meningkatkan risiko penghuni rumah tersengat listrik saat hujan turun.

5. Memperbaiki talang air

Tips Perbaiki Talang Air Bocor | Rumah dan Gaya Hidup | Rumah.com

Terakhir, jangan lupa untuk memperbaiki talang air hujan yang tersumbat agar tidak menyebabkan kerusakan pada eksterior rumah maupun fondasi rumah. Oleh karena itu, penting untuk mengecek fungsi talang air secara berkala untuk menghilangkan segala macam kotoran maupun sampah.

Jika perlu, Mama bisa memanggil pekerja bangunan profesional untuk membantu membersihkan talang air dan memperbaiki bagian yang rusak. Mengganti talang air hujan dengan talang air yang baru bisa mencegah kerusakan akibat air hujan pada eksterior rumah.

Dapat disimpulkan bahwa air hujan bisa menyebabkan kerusakan signifikan pada eksterior rumah. Jadi, perlu dilakukan tindakan yang tepat untuk menghindari kerusakan dengan melakukan pengecekan secara berkala pada bagian-bagian tertentu, seperti ruang bawah tanah dan talang air hujan.

Baca Juga : Inspirasi Dapur Minimalis Di Ruangan Terbuka

BACA JUGA  Kelebihan Furniture Rotan
WhatsApp chat