Tips Membangun Kos Nyaman

Biasanya anak perantauan akan mencari rumah kos untuk di tempati selama di perantauan. Umumnya pembayaran sewa kamar kos ini dilakukan pebulan, namun tidak sedikit juga terdapat 3 bulan sekali atau setiap setahun sekali, tergantung kebijakan si pemilik kos.

Untuk Anda yang ingin membuat usaha kos-kosan, Anda perlu mencari tempat yang strategis untuk dibangun rumah kos. Seperti misalnya di dekat kampus, dekat sekolah, dekat dengan pusat keramaian seperti mall, atau dekat dengan kantor. Tempat-tempat tersebut dapat Anda jadikan pilihan karena prospeknya sangat bagus.

Desain Kos-kosan

Sketsa desain untuk rumah kos tidak bisa dibuat dengan sembarangan. Rumah kos harus dibangun dengan mengutamakan kenyamanan dan keamanan untuk para penghuni kos. Desain rumah kos yang sederhana juga merupakan bagian yang tidak bisa dilupakan. Namun, saat ini juga semakin banyak desain rumah kos yang dibuat dengan model modern.

Buat pondasi bertingkat

Walaupun awalnya Anda hanya ingin membuat kos satu lantai, mintalah ahli bangunan membuat pondasi bangunan yang kuat untuk menopang 2-3 lantai. Hal ini ditujukan jika Anda ingin menambah lantai untuk lebih banyak menampung penyewa, konstruksi bangunan Anda bisa tetap kokoh dan kuat. Tentunya lebih baik jika Anda memiliki perencanaan untuk mengembangkan rumah kos Anda.

Pilih gaya yang minimalis

Rumah kos dengan gaya yang minimalis selalu terlihat nyaman dan bersih. Rumah minimalis memang tidak berarti biaya pembuatannya minim, tetapi setidaknya rumah minimalis lebih ramah lingkungan dan biaya perawatannya lebih murah dibandingkan dengan membangun rumah bergaya klasik.

Perhatikan pemilihan lokasi

Pastikan Anda memilih lokasi rumah kos dengan lingkungan yang aman, dekat dengan area yang menjual makanan, warga sekitar yang ramah dan bersahabat, dan juga tidak terlalu terjepit di jalan kecil. Lokasi rumah kos di dalam gang juga bisa meningkatkan resiko kebakaran.

Lengkapi kamar

Harga dari kamar kos bisa meningkat apabila Anda tidak membiarkan kamarnya kosong. Lengkapi kamar dengan furnitur sederhana, seperti ranjang, lemari kecil, dan WiFi. Perhatikan juga area parkir untuk penyewa kos yang membawa kendaraan. Jangan biarkan kendaraan mereka terparkir berantakan di sepanjang jalan, karena selain tidak aman, juga akan menyulitkan akses jalan bagi warga sekitar.

Buat area terbuka

Sebaiknya buatlah area terbuka untuk para penyewa kos menghilangkan penat dan menghirup udara segar. Jika luas area tidak memungkinkan untuk membuat halaman besar di depan kos, buatlah taman di area rooftop. Area rooftop ini juga dapat digunakan sebagai lokasi menjemur pakaian.

Nyaman dan bersih

Saat akan membangun rumah kos, pastikan bahwa Anda sudah memikirkan bagaimana cara perawatan kos-kosan saat sudah jadi. Buatlah suasana dalam rumah kos senyaman mungkin agar para penyewa kos selalu merasa nyaman dan betah.

Kos juga harus dirawat sedemikian rupa agar selalu terjaga kebersihannya. Selain untuk menjaga kenyamanan penghuni kos, kebersihan juga akan membuat orang luar mudah tertarik dengan kos Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat