Banyak orang yang bingung untuk mempercantik ruangan rumah. Sebenannya ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mempercantik ruangan rumah. Salah satunya dengan tanaman indoor. Tanaman indoor dapat menyegarkan ruangan rumah dan dapat mempercantik ruangan. Untuk menambah keindahan gunakan pot yang cantik dan sesuia dengan tanaman. Berikut tips yang dapat anda pertimbangkan saat akan memilih pot untuk tanaman.

Sesuaikan ukuran pot dengan tanaman

Bila tanaman yang dipilih berukuran besar, tentu pot juga harus besar. Ukuran pot yang sesuai sangat penting karena akan mempengaruhi pertumbuhan akar dan tunas tanaman. Yang menjadi penanda apakah ukuran pot telah sesuai adalah dengan mencoba memasukkan tanaman dalam pot. Bila tanaman dapat masuk dengan leluasa berarti ukuran telah sesuai.

Bahan pembuat pot

Pot tanaman umumnya terbuat dari plastik atau tanah liat. Pot dari plastik akan menjaga kelembapan dan suhu tanah lebih lama. Sedangkan pot dengan bahan baku tanah liat dapat membuat kelembapan dalam keadaaan normal. Pot tanah liat juga memiliki pori-pori yang dapat mengeluarkan kelebihan air.

Menggunakan pot selubung

Pot yang cantik pasti akan mempermanis ruangan Anda. Pot yang terbuat dari keramik, rotan, kayu, logam biasa digunakan sebagai pot dekoratif. Pada umumnya, bila menggunakan pot dekoratif dengan berbagai ukiran dan kecantikannya, pot tersebut hanya digunakan sebagai selubung dari pot yang ada di dalamnya yang biasa hanya pot simple dari plastik atau tanah liat. Pot selubung yang cantik, biasanya memiliki harga yang lebih mahal sehingga tidak praktis bila harus dipindah-pindahkan saat tanaman dikeluarkan dari ruangan. Ini juga mencegah pot selubung tidak kotor.

Gunakan pot dengan berbagai ukuran

BACA JUGA  Cat Tembok
WhatsApp chat