Tips Memilih Warna Cat Pagar Yang Tepat

Mendekorasi rumah agar terlihat menarik rumah kita tidak di pungkiri bahwa banyak orang sekarang suka mempercantik rumahnya. Oleh sebab itu, tidak jarang orang menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk mendekorasi dan menata penampilan rumah mereka baik interior dan eksteriornya supaya tampak apik dan cantik setiap waktu.

Cat Pagar Rumah

Berbicara tentang eksterior, selain area halaman yang bisa kamu dandani dengan membuat kebun kecil, juga ada pagar rumah yang fungsinya sebagai lapisan terluar dari tempat kediaman. Pagar merupakan salah satu elemen penting yang harus dipilih secara hati-hati

Selain kekokohan dari segi material, warna cat pagar rumah juga sering menjadi bahan pertimbangan utama dalam mempercantik penampilan rumah secara keseluruhan. Oleh karena itu, kali ini Kania ingin membahas secara detil warna cat pagar rumah sesuai dengan material pagar yang digunakan.

Memilih Warna Cat Pagar Rumah yang Tepat Berdasarkan Materialnya

Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali jenis-jenis material pagar yang dapat dipilih dan dari setiap jenis ini, ada trik dan tips tertentu untuk mengaplikasikan cat supaya tahan lama dan menarik. Jika salah memilih warna cat pagar, bisa saja kondisi luar pagar rumah cepat terlihat usang atau mengelupas sebelum waktunya. Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu menyesuaikan bahan cat pagar rumah dengan material pagar yang digunakan.

cat pagar rumahVia : Pinterest

Kenali 6 macam jenis material pagar rumah dan warna cat pagar rumah yang direkomendasikan untuk hasil paling optimal:

Kayu

Pagar kayu cukup rentan terhadap perubahan kondisi cuaca seperti paparan ultraviolet dari terik matahari, siraman hujan, atau faktor-faktor cuaca lainnya akibat naik turunnya suhu dan kelembaban sepanjang waktu. Akibatnya, pagar kayu sering lebih cepat rusak terutama jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Pagar kayu juga mengandung zat tannin dan elemen natural lainnya yang tidak selalu cocok dengan cat berbahan biasa. Tidak jarang, pagar kayu sudah tampak tua dan pudar jauh sebelum waktunya akibat menggunakan warna cat pagar rumah yang tidak sesuai.

BACA JUGA  Tips Agar Rumah Selalu Rapi

cat pagar rumahSalah satu cara untuk merawat pagar kayu rumahmu adalah dengan memilih warna cat pagar rumah dengan lapisan acrylic latex yang berkualitas tinggi. Warna cat pagar rumah dengan bahan acrylic latexmemiliki kelebihan yaitu lapisan yang menjaga kelembaban bahan kayu, terutama dari curahan hujan atau percikan air.

Warna cat pagar rumah jenis ini juga lebih fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan kondisi cuaca yang berubah-ubah dan terik matahari. Jika dibandingkan dengan cat pagar rumah berbahan minyak, maka cat pagar rumah acrylic latex lebih awet dan tahan kerusakan seperti pengelupasan atau pudarnya warna.

Besi

Pagar besi adalah salah satu material favorit untuk pagar rumah karena kuat, cukup terjangkau dan mudah didapatkan di pasaran bahan bangunan. Salah satu kendala umum dari pagar besi adalah kerusakan karena karat. Oleh karena itu, pemilihan warna cat pagar rumah juga sangat penting dalam melindungi pagar besi secara menyeluruh.

cat pagar rumah

Ada beberapa jenis warna cat pagar rumah jenis besi di pasaran yang boleh dipilih sesuai dengan daya tahan terhadap cuaca, antara lain warna cat pagar rumah jenis alkyd sintetik yang mudah kering dengan kandungan pigmen titanium dioksida. Selain itu, warna cat pagar rumah jenis cat epoxy juga cukup direkomendasikan karena tidak mudah menguap jika terkena panas. Ada juga warna cat pagar rumah berbahan dasar minyak dan cat duko sehingga hasil akhir cat bisa berkilau, tahan lama dan tampak sempurna.

Beton

Pagar beton atau konkrit sering digunakan sebagai material dinding untuk pagar rumah karena memiliki kekokohan dan ketebalan yang cukup dapat diandalkan. Untuk mempercantik penampilan eksterior rumah, warna cat pagar rumah yang baik bisa merubah penampilan monoton dari pagar beton sehingga terlihat lebih menarik.

BACA JUGA  Ruang Tamu Minimalis Tapi Nyaman Berikut Tips nya
WhatsApp chat