TIPS MENATA DAPUR

Arsitek Indo Kontraktor – Dapur merupakan salah satu ruangan yang penting di rumah.

Karena dapur digunakan untuk memasak hidangan seluruh anggota keluarga.

Kenyamanan saat menggunakan dapur sangat perlu diperhatikan karena akan mengganggu kenyamanan saat memasak juga.

Apalagi untuk Anda yang memiliki hobi memasak.

Rasanya setiap hari ingin mencoba berbagai resep baru atau bereksperimen dengan resep Anda sendiri.

Berikut beberapa tips menata dapur yang bisa digunakan agar dapur selalu bersih dan rapi.

Kelompokkan peralatan dapur sesuai fungsinya

Sebaiknya piring, gelas, dan dining ware diletakan di satu area yang berdekatan. Akan lebih baik jika berada di antara area penyajian dan meja makan, sehingga mobilitas Anda akan lebih efisien.

Begitu pula dengan panci, wajan, pisau masak, bumbu dapur, dan sejenisnya. Letakan berdekatan dengan kompor agar memudahkan proses memasak.

Maksimalkan ruangan bawah sink

Pipa pembuangan sink yang berbelok-belok sering membuang space penyimpanan. Untuk itu, storage berbentuk U yang mengikuti ruang bisa sangat efektif untuk penyimpanan sponge cuci piring, lap, sikat, atau sabun.

Pisahkan Sampah

Laci khusus tempat sampah bisa jadi ide untuk menghindari lalat dan bau yang mengganggu. Sistem ini bisa membuat dapur Anda terlihat bersih, walaupun membuang sampah tetap harus rutin agar tidak menimbun bau di dalam laci.

Untuk menjaga lingkungan, pisahkan sampah basah dan kering. Selamatkan dunia, mulai dari rumah Anda.

Pull Out Swivel 

Rak bersusun ini sangat cocok di sudut meja karena akan mengisi ruang “mati” dengan maksimal saat pintu ditutup. Saat Anda menarik pintu rak, pull out swivel ini akan keluar dengan optimal sehingga Anda tidak kesulitan merogoh barang di dalam.

Perbanyak laci

Serupa dengan konsep pull out swivel yang mempermudah Anda mengambil barang. Saat menggunakan rak, biasanya Anda cenderung menaruh barang yang jarang terpakai di sisi dalam. Bahkan, terkadang Anda lupa pernah memilikinya karena tidak terlihat. Dengan menggunakan laci, setiap sudut akan mudah diakses.

Perhatikan kebersihan dan kenyaman dapur anda ya. Jangan sampai Anda memasak dengan keadaan dapur yang kotor sehingga banyak kuman yang kemungkinan akan masuk ke masakan Anda. Kebersihan dapur juga akan memengaruhi kenyaman Anda saat memasak. Jangan lupa bersihkan dapur dan cuci peralatan memasak setelah selesai digunakan agar dapur tetap bersih dan nyaman.

WhatsApp chat