TIPS MENATA RUANGAN SEMPIT

Arsitek Indo Kontraktor–  Ruangan yang sempit merupakan suatu tantangan tersendiri untuk menatanya, bagaimana agar ruangan tersebut terlihat lebih lapang tanpa mengurangi furniture furniture di dalamnya, Bagaimana menjadikan ruangan yang sempit multifungsi dan tetap indah dilihat, berikut adalah beberapa tips untuk menata ruangan sempit.

Membuat Tempat Penyimpanan Barang

 

 

 

 

 

 

semua barang di rumahmu harus punya tempat penyimpanan yang tetap.

Selain lebih rapi, kamu juga tidak akan kesusahan mencari ketika membutuhkannya. Sediakan laci atau wadah, bahkan sebuah kabinet khusus pada tiap ruangan untuk benda-benda mudah hilang seperti kunci, gunting, atau uang receh.

Setelah digunakan, langsung kembalikan ke tempatnya. Berusahalah disiplin, sekali kamu meletakkannya sembarangan, berantakan segera dimulai. Akibatnya menata rumah jadi lebih melelahkan.

Memilih Perabot Dengan Bijak

 

 

 

 

kamu harus bijak memilih perabot apa saja yang benar-benar dibutuhkan supaya menata rumah jadi lebih efektif.

Pilihlah perabot dan furnitur multifungsi meski berukuran besar. Pilih lemari dengan banyak ruang sehingga semua barangmu bisa masuk dan tidak tercecer di luar lemari.

Hindari penggunaan ornamen tebal atau bulat, karena akan membuat perabot tampak berat. Selaraskan warna perabot dengan tembok ruangan. Terlalu banyak warna dalam satu ruangan akan membuat ruangan terlihat lebih sempit.

Menata Furniture Dengan baik

dekoruma.com

Pada ruang tamu, letakkan sofa merapat pada dinding agar tidak ada penghamburan ruang. Pilihlah meja kaca memanjang di hadapan sofa supaya penggunaan ruang lebih efisien. Jangan tempatkan sofa atau kursi terlalu banyak atau terletak terpisah-pisah dalam ruangan. Letakkan berdempetan dan memanjang, bisa diduduki lebih banyak orang dan efisiensi ruang.

Meminimalisir Adanya Sekat

thecoolist.com

Ketika menata rumah, biarkan saja ruangan-ruangan tampak mengalir sehingga pandangan jadi lebih lapang. Kamu dapat menghilangkan sekat ruang keluarga dan ruang makan misalnya, atau ruang makan dan dapur.

Dalam menata rumah, untuk membedakan dua ruangan tanpa sekat kamu bisa menggunakan warna lantai atau karpet yang berbeda. Hal ini secara sederhana dapat diartikan sebagai pembatas. Kamu pun dapat leluasa menata rumah dan memadupadankan konsep antar ruangan sehingga, secara keseluruhan, rumahmu tampak memiliki konsep yang utuh dan jelas.

Gunakan Wallpaper

 

 

 

 

 

pinterest.com

Tak dipungkiri dinding adalah salah satu elemen penting dalam menata rumah. Warna dinding dapat memengaruhi konsep dan keindahan ruangan ketika menata rumah.

Dalam menata rumah kecil, pilihlah warna-warna netral atau terang seperti putih, biru, hijau, atau kuning agar ruangan tampak lebih lapang. Warna-warna gelap tidak direkomendasikan karena cenderung membuat ruangan terasa sempit.

Sebaiknya sesuaikan warna cat dengan warna furnitur pada ruangan. Hal ini karena lebih mudah mencari warna cat dinding ketimbang warna furnitur. Agar dinding ruangan tidak mudah kotor, kamu bisa menggunakan cat waterproof.

Selain memilih warna cat dinding, kamu juga dapat menata rumah dalam memperindah ruangan dengan menggunakan wallpaper. Coraknya yang beraneka ragam akan membuat dinding rumahmu akan terlihat lebih cantik dan rapi.

Membuat Ruangan Multifungsi

 

 

 

 

 

pinterest.com

kamu bisa menggabungkan dapur dan ruang makan dalam satu ruangan, atau menggabungkan ruang tamu dan ruang keluarga. Menata rumah seperti ini juga memudahkanmu dalam membereskan perabotan. Manfaat lainnya dalam penyatuan ruang ini adalah kamu dapat menghindar dari terantuk furnitur. Penggunaan furnitur pun jadi lebih optimal.

Nah, Beberapa tips diatas bisa kamu terapkan dalam menata ruangan sempit, Asal kita bisa memanfaatkan ruang yang ada dengan baik, Ruang yang sempit tidak akan menjadi masalah.

 

WhatsApp chat