Tips Mengamankan Rumah Anda Ketika ditinggal Mudik

Memasuki H-4 Lebaran, sebagian besar dari masyarakat di Indonesia sudah mulai beranjak menuju kampung halamannya atau yang biasa kita sebut dengan mudik. Nah istilah mudik ini juga sangat identik dengan kerawanan rumah. Banyak motid kejahatan ketika orang sibuk dengan lebaran mudik, salah satunya adalah rumah Anda. Nah, berikut adalah beberapa cara untuk mengamankan rumah Anda ketika ditinggal mudik.

  1. Amankan aset dan berharga

Salah satu yang menjadi kekhawatiran saat mudik dalam jangka waktu yang lama, adalah keamanan benda-benda atau barang-barang berharga yang ditinggalkan.

Sebagai solusi, coba gunakan Safe Deposit yang banyak ditawarkan oleh bank-bank terkemuka. Jangan lupa, baca terlebih dahulu FAQ dari penyedia layanan tersebut, sebelum Sahabat menanda tangani surat perjanjian.

Solusi lain adalah dengan menitipkan benda berharga Sahabat di Pegadaian. Selain lebih murah, jangka waktu penyimpanannya pun sangat fleksibel. Tak hanya surat-surat atau benda-benda berharga, kendaraan bermotor pun dapat Sahabat titipkan disana

  1. Lepas semua aliran listrik pada peralatan elektronik

Banyak kasus kebakaran yang terjadi karena adanya hubungan arus pendek. Karena itu jika tidak mendapatkan orang terpercaya untuk menunggui rumah Sahabat, atau berencana mudik lebih dari dua minggu, kosongkan saja lemari es dan matikan aliran listriknya.

  1. Lepaskan gas pada kompor

Kebocoran gas, juga sering menjadi penyebab kedua kebakaran Karena itu, jangan lupa untuk melepaskan selang gas elpiji dari kompor sebelum berangkat mudik.

  1. Minta bantuan saudara, tetangga atau petugas keamanan komplek

Meskipun hal ini tidak menjamin keamanan 100%, namun solusi ini masih banyak disarankan dan cara paling mudah untuk menjaga keamanan rumah kita.

Mintalah bantuan saudara atau tetangga untuk sesekali menghidupkan dan menghidupkan lampu dirumah kita, agar rumah terkesan ada penghuninya.

  1. Pasang timer lampu

Bila pilihan nomor empat sulit dilakukan, Sahabat Uang Teman bisa memilih untuk memasang timer lampu dirumah sebelum berangkat mudik. Jangan lupa, pastikan lampu berfungsi dengan baik, ya.

  1. Gunakan Five Point Lock

Sekali lagi ketika pilihan nomor empat tidak bisa diperoleh, maka cobalah untuk memasang kunci pengaman lima titik yang biasa dikenal dengan Five Point Lock.

Kebiasaan kita jika hendak meninggalkan rumah dalam jangka waktu lama, seperti mudik yang dilakukan oleh banyk orang saat ini, adalah dengan mengunci setiap kamar atau ruang utama dan menambahkannya dengan gembok.

Namun, cara ini selain merepotkan karena harus membawa kunci yang banyak, juga sedikit beresiko karena kita sering lupa dimana meletakkan kunci. Pencuri pun kini malah semakin pandai dengan memanfaatkan zat kimia untuk membuka gembok.

Dipasaran kini terdapat kunci pengaman yang akan mengunci satu pintu di lima titik yang tidak semua orang mengetahui. Cobalah mampir ke toko peralatan rumah tangga terdekat untuk menanyakan kesediaan kunci pengaman ini. Dengan menggunakan kunci ini, Sahabat cukup membawa satu kunci saat mudik. Tidak merepotkan bukan?

  1. Pasang CCTV

Jika ada dana lebih, tidak ada salahanya Sahabat memasang CCTV di rumah. Sekedar untuk berjaga-jaga jika ada hal terjadi yang tidak diharapkan.

Nah, semoga tips diatas dapat membantu Sahabat untuk mudik dengan perasaan tenang ya…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat