Tips Mengaplikasikan Warna Putih Pada Ruangan

Biasanya penggunaan warna putih digunakan untuk warna dasar dinding tepat bagi rumah baru. Warna putih dianggap mampu membuat penghuni rumah lebih fokus dengan berbagai hal yang dihadrikan pada tiap ruang. Meski banyak yang mengira bahwa dinding putih akan lebih cepat kotor, namun siapa sangka bahwa ternyata warna ini bisa membuat suasana rumah menjadi bersih dan cerah. Para ahli mengungkapkan, bahwa jika seseorang berani untuk memulai dengan warna dasar putih, itu berarti dirinya siap bereksplorasi lebih jauh. Nah kami akan memberikan beberapa informasi membantu memilih warna putih.

Memahami suasana ruangan

Ketika mendekorasi interior rumah dengan warna putih, sangat disarankan untuk Anda memahami suasana dan bagaimana pengaruhnya terhadap pencahayaan pada suatu ruang. Caranya, adalah dengan mengidentifikasi nuansa atau warna dasar dari putih yang dipilih.

Cat warna dasar putih terbagi menjadi beberapa opsi diantaranya crisp whitecool whitewarm white, white smoke, dan snow.

Cool white yang memiliki warna dasar biru atau abu-abu, mampu memberikan tampilan yang lebih optimal bila diterapkan pada kamar yang dibekali pasokan sinar matahari berlebih. Penyebabnya, karena jenis cat ini cenderung memancarkan cahaya dengan baik. Cool white juga ideal untuk rumah yang kaya akan garis-garis modern dan pola yang minim.

Sumber: pinterest.com

Sementara warm white menghadirkan kelembutan ke dalam kamar tidur yang didekorasi dengan seprai kuning, ranjang coklat, maupun bantal merah. Pada dapur, Anda bisa mengaplikasikan warna ini dengan perpaduan logam yang bisa ditemukan lewat peralatan rumah seperti bak cuci piring, kompor, atau barang elektronik lainnya.

Menghindari kesan dingin

Untuk ruang yang lebih pribadi seperti kamar mandi, balutan marmer putih pada dinding dan sanitair berwarna senada bisa menimbulkan kesan hangat. Tak hanya itu, penghuni rumah juga mampu merasakan nuansa elegan yang kuat dan tentu saja futuristik.

Sumber: housetohome.co.uk

Ruang tamu bisa menampilkan kesan hangat dan akrab lewat warna oranye, merah, emas, dan kuning, namun untuk kamar mandi, warna-warna tersebut  terlalu berat. Solusinya, Anda bisa mengombinasikannya dengan warna cerah seperti putih dan krem. Campuran warna ini dirasa perlu guna membuat ruang tamu terasa lebih atraktif.

Cara menggunakannya

Semua orang rasanya tahu, bahwa putih merupakan warna umum yang bisa digunakan pada semua model rumah. Tak terkecuali sebagai warna dinding utama maupun dekorasi rumah.

Mengingat iklim Indonesia yang tropis, maka idealnya kombinasi putih bersih dan abu-abu lembut diterapkan pada dapur bergaya klasik, ruang makan, dan area outdoor.

Sementara pada ruang yang didominasi warna dramatis hijau dan biru terang, Anda bisa menambahkan sentuhan warna beige dan taupe guna menghadirkan suasana yang lebih netral dan santai.

Sumber: bhg.com

Biru navy dan putih selalu menjadi kombinasi yang unggul untuk menciptakan tampilan interior pada rumah bergaya kontemporer. Anda bisa memadukannya lewat bantal cushion, tirai, atau taplak meja. Putih dan navy yang dituangkan pada dinding memang terlihat kontras namun tetap menghasilkan pemandangan yang indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat