Ketika Anda membangun taman, Anda juga harus memikirkan tata cahaya di malam hari untuk membuat taman terlihat indah. Otomatis Anda akan membutuhkan pencahayaan tambahan berupa lampu taman. Sorot lampu yang menarah ke batang pohon atau kolam ikan memberi sentuhan estetika pada taman dan mampu memberikan keamanan juga petunjuk arah untuk pekarangan luas.

Umumnya pencahayaan yang dirancang dari awal pembangunan rumah akan menyatu dengan pencahayaan fasad bangunan dan teras rumah. Namun, jika rumah Anda belum dilengkapi dengan lampu taman, Anda bisa merancang dan memasangnya sendiri. Simak beberapa tips berikut ini sebelum memasang lampu di taman Anda.

Tentukan Titik Pemasangan

Untuk mengetahui titik mana yang tepat untuk meletakkan lampu taman, coba berkeliling taman dan perhatikan bagian yang ingin disorot oleh lampu. Tidak ada salahnya membuat sketsa atau foto taman Anda untuk mendapatkan ilustrasi yang lebih jelas. Misalnya ingin menerangi pohon-pohon yang tinggi dengan lampu sorot, maka arahkan lampu tersebut di sekitar bawah pohon yang mengarah ke atas. Sementara itu jika ingin memantulkan cahaya kemilau air kolam, Anda bisa meletakkan lampu yang ditanam di area kolam ikan atau kolam renang.

Perhatikan Teknik Pencahayaan

Setelah menemukan titik pemasangan yang pas, ada beberapa teknik yang bisa memandu Anda mengarahkan lampu ke objek untuk menghadirkan efek lebih dramatis.

  • Spot Lighting: yaitu dengan menyorot bagian yang ingin ditonjolkan. Caranya dengan meletakkan lampu yang cahanya terfokus (menyorot) dari atas atau arah depan objek.
  • Kedua, yaitu teknik up lighting atau menempatkan lampu yang di sorot ke atas. Biasanya fokus yang diterangi dalam teknik ini ialah benda yang bentuknya memanjang.
  • Untuk memberi kesan dramatis, teknik silhouetting atau menampilkan siluet juga dapat diaplikasikan dengan menempatkan lampu sorot di belakang pohon.
  • Ada juga teknik moon lighting yaitu menyorot pohon dari atas ke bawah, namun menggunakan sorot lampu yang lebih menyebar, seperti sinar bulan. Bayangan pohon dan cabangnya akan terefleksi pada bidang datar di bawah yang memberi kesan romantis.
  • Terakhir teknik shadow lighting, digunakan untuk menguatkan kesan berbayang pada pepohonan. Caranya dengan menempatkan lampu dari arah samping objek pohon atau tanaman.
BACA JUGA  Inspirasi Ruang Jemur Rumah

Pemilihan lampu LED yang hemat energi merupakan pilihan yang tepat untuk rumah dan minimalis. Lampu ini dapat dilengkapi dengan sistem sensor siang dan malam, atau menggunakan sistem dimmer. Lampu LED dengan sistem tenaga surya yang kini banyak dijual bebas di pasaran. Cara kerjanya adalah dengan menyerap cahaya matahari di siang hari untuk menjadi cadangan energi di malam hari.

WhatsApp chat