Tips Merawat Kolam Renang

Mempunyai kolam renang dirumah memang menyenangkan. Kita bias bersantai di pinggir kolam atau malah menyegarkan diri dengan berenang. Tapi kolam renang harus rutin dibersihkan ya. Apalagi jika kolam renangmu terletak di luar ruangan.

Buat yang belum tau cara perawatan kolam, berikut adalah beberapa tips pilihan untuk merawat kolam renang.

Skimming Dan Scrubbing

Skimming berfungsi untuk menyingkirkan kotoran-kotoran yang mengambang di kolam.Sementara scrubbing atau menggosok sisi kolam renang adalah untuk mencegah ganggang atau lumut baru tumbuh kembali.

Jika kamu punya budget lebih, cobalah gunakan vakum robot yang bisa membantumu membersihkan dasar kolam.

Fungsi Filter

Sama seperti ginjal yang bekerja untuk menghilangkan kotoran dari tubuh, filter pada kolam juga bertanggung jawab untuk menghilangkan kotoran seperti debu, daun, atau benda-benda kecil lainnya.

Untuk merawat filter agar tetap awet adalah dengan menyalakan filter maksimal 6 jam sehari dan bersihkan pipa filter sekali dalam sebulan.

Kandungan Bahan Kimia Yang Konsisten

Air yang tidak seimbang akan terlihat keruh dan membuat kulit dan mata iritasi, menjadi tempat berkembang bakteri dengan subur sangatlah tidak bagus. Idealnya, kalian harus melakukan tes air kolam satu kali dalam seminggu.

Kandungan kimia yang harus kamu perhatikan seperti tingkat keasaman, bebas dari klorin, tingkat pH dan kandungan kalsium. Melakukan hal ini tidak akan sulit karena testing kits nya mudah ditemukan di toko yang menjual kebutuhan kolam renang. Ciri air kolam yang bagus ialah berwarna bening kristal, tidak berbau dan tidak menimbulkan iritasi kulit.

Coba Baking Soda

Nggak bisa dipungkiri kalau harga obat-obatan kimia memang cukup mahal. Baking soda bisa jadi alternative lain karena dia memiliki kandungan “natrium bikarbonat” yang dipercaya dapat mengontrol alkalinitas dan pH kolam renang.

Bersihkan Dengan Tuntas

Setidaknya dua kali dalam satu tahun kamu harus membersihkan kolam dengan meningkatkan tingkat klorin (3-5 kali jumlah normal klorin) yang akan menyingkirkan bakteri secepat mungkin.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK | BANGUN RUMAH adalah satu-satunya solusi bagi anda yang mempunyai rencana membangun sebuah rumah, ruko, kost-kostan, toko, guest house, kantor, renovasi bangun dll. Konsultasi Gratis Siap datang ke tempat Anda KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp/SMS/WA : 081558263270

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat