Tips Merawat Lantai Vinyl

Tips Merawat Lantai Vinyl – Lantai vinyl merupakan salah satu material pelapis kayu atau yang biasa disebut dengan lantai. Jenis lantai ini hampir mempunyai karakteristik sama dengan kayu. Hanya saja, material vinyl tidak boleh terlalu banyak terkena oleh air supaya lantai tidak cepat lapuk dan terkena jamur. Jenis lantai ini dapat diaplikasikan di ruangan yang tidak akan terkena air, seperti kamar tidur ataupun ruanga keluarga.

 

  1. Menggunakan bahan sapu yang tepat

Karena lantai vinyl memiliki permukaan yang cukup sensitif, maka dari itu alat kebersihan rumah yang digunakan harus terbuat daru bahan dasar yang lembut. Contohnya adalah sapu nilon yang dapat membantu mengangkat kotoran-kotoran kecil seperti potongan kertas, rambut hingga debu yang tebal. Apabila kotoran yang menempel pada lantai vinyl tidak bisa hilang begitu saja menggunakan sapu, maka Anda dapat menggunakan cairan MPC. Semprotkan cairan ini pada noda yang membandel, lalu gunakan lap kering untuk menggosok noda tersebut hingga bersih. Apabila noda sudah benar-benar hilang, lantai dapat diberisihkan kembali menggunakan kain lap kering.

  1. Mengetahui cara membersihkan yang tepat

Agar sampah yang terdapat dipermukaan lantai tidak berserakan ke berbagai tempat, sebaiknya sampah diarahkan pada satu sudut ruangan, kemudian dipindahkan pada pengki dan dibuang. Untuk membersihkan lantai vinyl, Anda perlu mengetahui karakteristik lantai ini yang rentan terhadap air. Maka dari itu, usaha proses pembersihan dan perawatan menggunakan air seminimal mungkin, supaya permukaan lantai tidak rusak dan lapuk.

  1. Menggunakan vacuum cleaner

Karena lantai vinyl sangat rentan terhadap air, salah satu cara perawatan lantai ini adalah dengan menggunakan alat pembersih yang tepat! Alat yang dapat Anda gunakan adalah vacuum cleaner. Selain praktis dalam membersihkan kotaran dan debu, alat ini juga tidak akan meninggalkan goresan pada permukaan lantai Anda!

  1. Apabila vinyl baru dipasangkan

Jika lantai vinyl Anda terbilang baru dipasang, sebagai bentu perawatan lantai ini tidak boleh diinjak terlebih dahulu selama kurang lebih 24 jam. Hindari pula penggeseran benda-benda pada lantai vinyl, terutama benda yang memiliki bobot berat karena dapat merupakan permukaan lantai secara permanen serta vinyl juga dapat mengkerut. Untuk memasukan barang-barang berat, gunakan alas berupa papan dalam membantu proses perpindahan.

  1. Meminimalisir kotoran pada lantai

Agar lantai vinyl tidak mudah terkena kotoran, Anda dapat melakukan beberapa pencegahan. Salah satunya adalah dengan menggunakan alas karpet diatas permukaan lantai. Dengan begitu kotoran yang jatuh tidak akan langsung mengenai lantai dan Anda hanya cukup membersihkan bagian karpetnya saja.

ARSITEK INDO KONTRAKTORKONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK | BANGUN RUMAH adalah satu-satunya solusi bagi anda yang mempunyai rencana membangun sebuah rumah, ruko, kost-kostan, toko, guest house, kantor, renovasi bangun dll. Konsultasi Gratis Siap datang ke tempat Anda KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp/SMS/WA : 081558263270

WhatsApp chat