Tips Merawat Tanaman Perkarangan Rumah Agar Selalu Terlihat Cantik

Tips Merawat Tanaman Perkarangan Rumah Agar Selalu Terlihat Cantik

Siapa sih yang tidak ingin memiliki pekarangan rumah yang cantik. Dengan memiliki pekarangan yang cantik maka anda akan menjadi lebih nyaman dan betah di rumah. Untuk bisa mendapatkan pekarangan rumah yang cantik pastinya terdapat hal-hal yang perlu dilakukan, salah satunya ialah perawatan. Sebelum melakukan perawatan khusus, ada baiknya anda memahami seluk beluk tanaman. Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui, antara lain yaitu:

Misalnya saja mengenai masalah pencahayaan sinar matahari. Beberapa tanaman tertentu ada yang membutuhkan cahaya sangat terang, sedangkan beberapa jenis tanaman lainnya malah justru hanya membutuhkan sedikit cahaya matahari. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memahami karakteristik daripada tanaman yang kita tanam.

  1. Cara menyiram

Hampir semua pot yang ada memiliki bulatan-bulatan kecil untuk keluarnya air. Saat anda menyiram tanaman, maka siramlah tanaman hingga air keluar dari lubang-lubang pot. Setelah airnya keluar, maka segera hentikan penyiraman agar tanaman tidak membusuk.

  1. Kelembaban

Bagi anda yang belum memahami cara mengetahui tingkat kelembabapan tanaman, maka anda bisa melihat bintik-bintik coklat pada daun. Bila terdapat bintik-bintik coklat pada daun, maka tanaman tersebut butuh ditempatkan di tempat yang lembap.

  1. Pencahayaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa tidak semua jenis tanaman dapat tumbuh dengan baik di tempat yang kurang pencahayaan. Beberapa jenis tanaman membutuhkan cahaya matahari yang cukup untuk melakukan fotosistesis secara maksimal. Oleh karena itu, maka mulai pilah tanaman yang membutuhkan banyak cahaya dan tidak.

  1. Memotong ranting

Memotong ranting merupakan salah satu cara dalam merawat tanaman. Ranting yang kering hanya akan memperlambat pertumbuhan tanaman, sehingga agar tanaman tumbuh dengan subur dan maksimal, maka potonglah ranting dan daun-daun kering yang ada pada tanaman.

  1. Pupuk alami

Pupuk merupakan salah satu hal yang penting dalam membuat tanaman menjadi lebih subur. Terdapat beberapa jenis pupuk yang ada di pasaran. Anda bisa memberikan pupuk alami atau kimia. Pemberian pupuk harus sesuai dengan takaran agar tanaman bisa tumbuh dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat